web analytics

Indonesia Open Peluang Pemain Putra Indonesia Memperbaiki Penampilannya

Oleh : Bert Toar Polii

Sulutlink.com – Setelah sukses membawa pulang Piala Thomas yang telah menghilang selama 19 tahun, prestasi para pemain putra seperti telah mencapai puncaknya.
Pada beberapa turnamen berikutnya kecuali The Minions yang memenangkan Hylo Open di Jerman sisanya gagal meraih juara. Malah andalan kita di single Ginting dan Jojo harus pulang ke Indonesia karena cedera.
Situasi ini terus berlanjut hingga Daihatsu Indonesia Master 2021 di Bali yang baru saja usai. Di event ini pemain Indonesia mencatat prestasi terburuk karena tanpa predikat juara dari 5 nomor yang dipertandingkan. Prestasi tertinggi diraih The Minions yang menjadi runner-up.
Semoga pada event berikut Indonesia Open yang digelar di Bali juga pada tanggal 23-29 Nopember 2021 pemain putra kitab isa memperbaiki prestasinya.
Apalagi mereka baru saja diguyur bonus Rp. 5 milyar dari sponsor BNI atas prestasinya meraih Piala Thomas.
Bagaimana peluangnya? Mari kita simak dari nomor single putra. Sesuai undian yang telah dilakukan maka di pool Kento Momota hanya ada satu pemain Indonesia disana yaitu Shesar Hiren Rustanto.
Tapi sepertinya Shesar akan sulit membendung Kento karena ia akan menghadapi dua lawan berat itupun kalau lolos dari hadangan Sitthikom Thammasin. Diatas kertas Shesar lebih favorit karena dari dua kali pertemuan tmereka, Shesar Rhustavito lebih unggul 2 poin atas Sitthikom Thammasin. Atlet tunggal putra Indonesia ini selalu mengalahkan Sitthikom Thammasin di semua pertandingan.
Pertemuan pertama Shesar Rhustavito vs Sitthikom Thammasin terjadi di USM Flypower Indonesia International Challenge pada 29 Oktober 2017.
Di babak final, Shesar Rhustavito berhasil menaklukkan Sitthikom Thammasin straight set dengan skor 21-8 dan 21-11. Pertandingan ini berlangsung di Gelora Universitas Semarang.
Pertandingan kedua berlanjut di babak 32 besar YONEX French Open 2019 pada 22 Oktober 2019.
Pada pertandingan ini, Shesar Rhustavito mampu mempertahankan tren kemenangannya atas Sitthikom Thammasin dengan straight set 23-21 dan 21-18. Pertandingan ini berlangsung di Stade Pierre de Coubertin.
Dua lawan berat yang menanti adalah Lee Zii Jia seeded 7 dan Chou Tien Chen seeded 4.
Catatan Shesar menghadapi Lee Zii Jia juga cukup baik Pebulutangkis tunggal putra Malaysia, Lee Zii Jia, menderita kekalahan atas wakil Indonesia, Shesar Hiren Rhustavito di babak kedua Chinese Taipei Open 2019. Zii Jia harus menelan kekalahan atas Shesar dalam pertandingan straight games dengan skor akhir 16-21, 20-22 di Taipei Arena, Kamis (05/09/19) yang sekaligus membuat membuat head-to-head mereka menjadi 2-2.
Yang berat adalah melawan Chou Tien Chen seeded 4 karena Shesar mempunyai rekor buruk melawan pemain ini. Ia empat kali kalah. Tapi catatan ini tidak menjadi jaminan seperti yang dialami The Minions di final melawan pemain Thailand hari Minggu yang lalu. Rekor pertemuan mencatat The Minions unggul 10-0 tapi hasil kemarin menunjukan sebaliknya.
Justru di pool Anders Antonsen justru sebaliknya dimana semua pemain Indonesia berkumpul disini. Ada Jonthan Christie atau Jojo dan Tommy Sugiarto disana. Mereka berdua akan mencoba mengganjal Anders Antonsen agar bisa terjadi di semi final bertemu dengan Anthony S Ginting. Perjuangan Anthony S Ginting untuk mencapai semi final terbilang ringan apalagi setelah ia mendapat bye di babak 32 besar karena lawannya mundur.
Undian di ganda putra kurang menguntungkan buat para pemain Indonesia karena di pool The Minions mereka akan berjuang sendiri karena tidak ada satupun pasangan Indonesia disana.
Semua pasangan Indonesia berkumpul di Pool seeded 2 Ahsan/Hendra. Sayangnya keempat pasangan muda Indonesia sudah harus saling gebuk di babak awal. Sabar Karyaman Gutama/Moh. Reza Pahlevi Isfahani langsung berhadapan dengan Leo Rolly Carnando-Daniel Marthin sedangkan Leo Rolly Carnando-Daniel Marthin harus beradu dengan Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana.
Selanjutnya pemenang dari duel sesame pemain Indonesia harus berhadapan di 16 besar. Disatu sisi kurang menguntungkan tapi disisi lain Indonesia pasti telah menempatkan satu pasangan di babak 8 besar.
Semenatara itu 3 pasangan lainnya juga posisnya kurang menguntungkan karena Hendra setiawan/Mohammad Ahsan seeded 2 akan bertemu Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitanjika menang di babak 32 besar. Pemenangnya akan berhadapan dengan pasangan Indonesia lainnya Panjer Aji/Bryan Sydney jika mereka lolos ke babak 8 besar. Seandainya scenario berjalan sesuai keinginan para pencinta bulutangkis Indonesia maka ada harapan terjadi all Indonesia final di nomor ini.

About Redaksi 2

Check Also

Terhitung 24 Desember Sampai 2 Januari Pemerintah Tetapkan PPKM Level 3

Minahasa Selatan, Sulutlink.com – Pemerintah telah menetapkan status PPKM Level 3 yang berlaku diseluruh Wilayah …

Leave a Reply