web analytics

Ini Penjelasan Kadis ESDM Sulut Terkait Pencabutan IUP PT MMP

Manado,Sulutlink.com – Mata publik Sulawesi Utara saat ini lagi tertuju pada kondisi pencabutan Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Mikgro Metal Perdana (MMP), yang melakukan kegiatan usaha di Pulau Bangka Kabupaten Minahasa Utara.

Bahkan kondisi ini telah menarik perhatian dari sejumlah anggota DPRD Provinsi Sulut yang mendatangi langsung dan mendapati kondisi sosial dari masyarakat di Desa Ehe yang harus mendapat perhatian Pemerintah.

Akibatnya, Kadis Energi dn Sumber Daya Mineral Ir B.A Tinungki akhirnya angkat suara menjelaskan, berbagai upaya yang telah dilakukan Pemerintah Provinsi Sulut kepada masyarakat di Desa Ehe, pasca pencabutan IUP PT MMP di Pulau Bangka Minut.

Menurutnya, Pemprov Sulut telah berupaya memberikan yang terbaik untuk masyarakat di Desa Ehe dan ini telah menjadi perhatian serius dari Gubernur Sulut Olly Dondokambey.

Bahkan Pemprov Sulut telah meminta proposal kebutuhan pembangunan infrastruktur jalan, rumah ibadah, sekolah maupun rumah sakit akan mendapat bantuan dari Pemprov Sulut, agar warga di Desa Ehe tidak bergantung pada perusahaan.

Dia juga menyentil, bahwa pencabutan IUP PT MMP adalah dari Pemerintah Pusat berdasarkan hasil putusan Mahkama Agung (MA) dan surat resmi dari KPK yang telah ditujukan kepada Pemkab Minut dengan tembusan Pemprov Sulut.

Alasannya, yaitu sebagaimana UU nomor 27 dari aspek teknis di Pulau Bangka sangat bertentangan dengan zona pesisir dan pulau – pulau kecil. (JoTam)

About JoTam

Check Also

Klub Aruma Jaya Kota Kotamobagu Juara Kompetisi BTM-FORWARD FOOTBALL CUP U-12

Manado, Sulutlink.com – Klub asal Kota Kotamobagu menjadi juara BTM Forward Football Cup 2022 setelah …