web analytics

INOVASI PENGEMBANGAN PARIWISATA SULAWESI UTARA

Karya Tulis : Kezia Trifoza Lorency Arikalang

A. LATAR BELAKANG

Perkembangan pariwisata di Indonesia saat ini semakin pesat terkhususnya Sulawesi Utara yang memiliki 15 kabupaten/kota yang masing-masing mempunyai daya tarik wisata tersendiri. Manado yang merupakan ibukota provinsi Sulawesi Utara adalah salah satu kota pariwisata di Indonesia yang memiliki daya tarik wisata yang memukau,unik dan mewah namun dibalik itu masih banyak kekurangan yang membuat kota ini terkhususnya provinsi Sulawesi Utara menjadi sedikit kurang menarik perhatian dan memiliki kunjungan wisatawan yang tidak terlalu tinggi,ditambah juga dengan adanya kota-kota pariwisata lain di Indonesia yang memiliki daya tarik wisata yang unik dan memukau juga sehingga membuat Sulawesi Utara bersaing dengan kota-kota pariwisata tersebut. Oleh karena itu dibutuhkan inovasi baru demi memajukan dan meningkatkan pariwisata di Sulut.

B. RUMUSAN MASALAH
• Upaya untuk memberikan kemajuan dan perkembangan pariwisata pada daya tarik wisata alam,budaya serta minat khusus.

C. TUJUAN PENULISAN

• Membuka wawasan pembaca agar dapat berpartisipasi dalam pengembangan pariwisata Sulawesi Utara.
• Mengetahui hal-hal apa saja yang mendorong kemajuan pariwisata di Sulawesi Utara.

PEMBAHASAN
1. Daya tarik wisata alam(pantai Malalayang)

Pantai Malalayang terletak di ujung selatan kota Manado. Pantai ini memiliki pemandangan yang indah dan menawan serta terdapat juga jenis koral warna-warni dan spesies ikan berbagai jenis di pantai ini. Di pinggiran pantai ini terdapat pepohonan-pepohonan yang rindang sehingga kita dapat berteduh sambil menikmati pemandangan pantai yang indah bersama pisang goreng dan dabu-dabu roa yang sangat populer di kota Manado. Wisata bawah laut pantai ini juga tak kalah dengan keadaan bawah laut bunaken. Walau daya tarik wisata ini terlihat indah namun tempat ini masih memiliki kekurangan serta memerlukan perhatian masyarakat dan pemerintah misalnya kurangnya kebersihan di daerah pantai maupun area kedai serta pinggiran jalan dan WC umum yang tidak memenuhi standar kebersihan yang baik. Ada beberapa faktor yang dapat memberikan kemajuan dan perkembangan pada daya tarik wisata ini yaitu:
• Petugas kebersihan pantai yang bertugas untuk menjaga kebersihan pantai setiap harinya agar pemandangan/view di pantai Malalayang terlihat lebih bagus dan tidak terhalangi oleh sampah-sampah yang berserakan sehingga lebih nyaman untuk dikunjungi oleh wisatawan.
• Toko kecil penjual oleh-oleh khas Manado,jajanan khas Manado serta souvenir-souvenir yang berkaitan dengan pantai malalayang.
• Restoran representative yang mengarah langsung ke pantai dan memperlihatkan pemandangan yang indah sehingga restoran ini dapat menjadi tempat persinggahan untuk orang-orang yang ingin menikmati pemandangan yang bagus berupa sunset/matahari terbenam.

2. Daya tarik wisata budaya(Taman Kesatuan Bangsa Manado)

Taman Kesatuan Bangsa atau sering disebut TKB berlokasi di pusat kota Manado,taman ini merupakan taman serbaguna yang di dalamnya terdapat patung Dotu Lolong Lasut yang berdiri di tengah area taman,bangunan pusat informasi wisata dan salib berwarna biru yang berukuran besar. Terdapat juga teater terbuka melingkar yang dipergunakan untuk tempat pertunjukkan seni serta budaya Minahasa dan juga beberapa kegiatan wisata atau event lainnya.

Ditepian taman terdapat pepohonan yang rindang disertai tempat duduk sehingga taman ini menjadi tempat persinggahan orang-orang untuk berteduh ataupun menunggu. Taman ini sangat populer di kalangan masyarakat manado karena letaknya yang strategis yang berada di pusat kota namun masih ada beberapa orang yang tidak mengetahui taman ini dan juga jumlah kunjungan wisatawan di TKB rendah,namun ada inovasi-inovasi baru yang dapat memajukan tempat ini serta meningkatkan kunjungan wisatawannya yaitu:


• Adanya atraksi wisata tetap di taman ini berupa tarian daerah Sulawesi Utara yang dilakukan pada jam-jam tertentu sehingga hal ini dapat menarik wisatawan terkhususnya wisatawan luar daerah dengan bertujuan untuk menunjukkan keunikan dan keberagaman daerah Sulawesi Utara.
• Monumen yang berisikan tentang sejarah kota Manado dan asal mulanya. Hal ini bertujuan untuk membuat TKB menjadi taman yang bernilai sejarah ditambah dengan atraksi wisata yang melengkapinya sehingga taman ini terlihat lebih menarik dan tujuannya juga agar masyarakat kota manado dapat mengetahui dan memahami asal mula serta sejarah kota tinutuan ini.
• Tindakan pemerintah untuk menata pedagang kaki lima disekitar trotoar pada area TKB agar tidak menimbulkan kemacetan dan akses untuk pergi ke TKB lebih mudah untuk dijangkau.

3. Daya tarik wisata minat khusus(Desa Wisata Kinilow)

Desa Kinilow terletak di Tomohon utara. Desa ini merupakan desa dengan berbagai kerajinan tangan tradisional berupa anyaman bambu yang terdiri dari topi,keranjang buah,lampu hias,dll. Aneka kerajinan tangan yang terbuat dari tanah liat dan anyaman bambu di pajang di kios-kios di tepi jalan raya Manado-Tomohon. Kerajinan tangan sendiri dibuat oleh masyarakat desa Kinilow dan sekitarnya. Sayangnya tingkat jumlah wisatawan yang berkunjung di desa ini rendah karena desa ini belum di jadikan destinasi wisata dan juga kehidupan modern yang membuat orang-orang menjadi kurang tertarik untuk menggunakan kerajinan tradisional. Oleh sebab itu dibutuhkan perhatian dari pemerintah untuk dapat campur tangan dalam mengembangkan desa wisata agar kunjungan wisatawan di desa ini dapat meningkat sehingga Sulawesi Utara dapat lebih berkembang dan terkenal dengan daya tarik wisatanya yang unik dan menarik.

PENUTUP

1) Kesimpulan
Salah satu pendorong penting dalam mengembangkan dan memajukan pariwisata di Sulawesi Utara yaitu pemerintah,masyarakat serta komponen utama pariwisata. Kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan juga menjadi bagian yang penting untuk memajukan pariwisata demi meningkatkan jumlah pengunjung pada daya tarik wisata Sulawesi Utara serta peran pemerintah dan masyarakat dalam mempromosikan daya tarik wisata Sulawesi Utara pada berbagai media berupa jejaring sosial.

2) Saran
Dengan adanya kesadaran pemerintah,masyarakat serta komponen pariwisata dalam meningkatkan,mengembangkan dan mempromosikan daya tarik wisata Sulawesi Utara maka kemajuan daya tarik wisata Sulawesi Utara akan semakin berkembang dengan pesat dan kunjungan wisatawan serta pendapatan daerah di Sulawesi Utara pun akan meningkat.

About Redaksi Sulutlink

Check Also

North Sulawesi Hospital and Medical Expo Dibuka, PERSI dan ASITA Sulut Kerjasama Penjualan Paket Pengobatan Medis

Manado, Sulutlink.com – North Sulawesi Hospital and Medical Expo resmi dibuka. Kegiatan yang digelar sekaligus …