web analytics

INOVASI PENGEMBANGAN TAMAN WISATA ALAM BATU ANGUS

Karya Tulis: FEBRIANTY PORODISA

PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG
Berwisata atau biasa disebut Traveling sudah biasa dilakukan oleh wisatawan, baik itu wisatawan manca negara maupun wistawan lokal dan mereka berwisata ke berbagai macam tempat wisata, baik wisata dalam negeri maupun luar negeri , banyak wisatawan lokal yang memlih berwisata diluar negeri karena menurut mereka disana sangat bagus dan indah , padahal di indonesia juga punya tempat tempat wisata yang tak kalah bagus dan juga sangat indah. Tapi karena kurangnya inovasi masyarakat meyebabkan mereka lebih banyak berwisata keluar negeri dari pada di dalam negeri .

Angka wisatawan yang berkunjung ke indonesia masih tertinggal jauh dengan angka wisatawan yang berkunjung ke negara tetangga seperti thailand,singapura.Hal ini karna objek wisata di indonesia masih memiliki berbagai macam kekurangan dan harus dikembangkan lebih jauh lagi karna indonesia masih banyak tempa tempat wisata yang sangat indah yang dikunjungi wisatawan baik lokal maupun manca negara. Salah satunya sulawesi utara yang merupakan surganya wisatawan baik itu wisatawan manca negara maupun wisatawan lokal. Sulawesi utara memiliki keindahan alam dan juga kebudayaan alam dan juga sulawei utara menyimpan potensi wisata bahari dan pantai yang sangat beragam.

B. RUMUSAN MASALAH
1 Definisi Taman Wisata Alam Batu Angus?
2.Apa saja Inovasi yang di butukan dalam pengembangan Taman Wisata Alam Batu Angus?

C. TUJUAN PENULISAN
1.Untuk mengetahui definisi Taman Wisata Alam Batu Angus.
2.Untuk mengetahui Inovasi yang di butuhkan dalam pengembangan TWA batu angus.

PEMBAHASAN
A. Definisi Taman Wisata Alam Batu Angus

Taman wista alam batu angus atau (TWA) merupakan salah satu kawasan wisata di kota bitung selain taman wisata batuputih di bagian utara.TWA batu angus termasuk dalam daerah cagar alam Duasudara ,yang dikelola oleh balai konservasi sumber daya alam sulawesi utara.

Pantai TWA batu angus terletak dikelurahan kasawari ,kecamatan Aertembaga ,Bitung ,sulawesi utara dan dapat di tempuh dengan menggunakan kendaraan dan perahu.
Pantai batu angus memang punya karakter yang tidak biasa, karena pantai yang umumnya berpasir baik putih maupun hitam namun pantai batu angus punya karakter yang berbeda.
Pantai ini dipenuhi dengan kerikil kerikil berwarna hitam seperti batu yang habis di bakar , kerikil kerikil bulat dan lonjong memenuhi hamparan batu angus .

Bukan hanya itu saja keunikan pantai tersebut , dipinggir pantai terdapat bukit bukit batu yang diatasnya dapat tumbuh berbagai pohon pohon dan tanaman bakau serta tanaman lainnya yang membuat bukit tersebut punya nilai eksotis.

Sehingga tempat semakin lengkap dengan daya tarik pantai batu angus ,keindahan terumbu karang dan air yang jernih menambah daya tarik wisata tersebut.

B. Inovasi pengembangan Taman Wisata Alam Batu Angus

Kondisi jalan masuk ke tempat tersebut masih belum baik mengingat akses jalan yang menurun dan jalan yang masih berbatuan sehingga bisa membahayakan pengunjung ke tempat tersebut.
saya menghimbau agar pemerintah setempat dapat mengembangkan Taman Wisata Alam Batu Angus dengan cara memperbaiki jalan masuk ke tempat wisata tersebut supaya tempat wisata di sulawesi utara dapat berkembang dengan beragam nilai keindahan ,keunikan,dan kenyamanan.

Di taman wisata alam batu angus ini juga belum terdapat toilet untuk pengunjung gunakan untuk itu diharapkan pada pengelola tempat wisata ini untuk bisa membuat toilet sehingga pengunjung dapat merasa nyaman.

Pintu Masuk
Pantai Batu Angus
Pantai Batu Angus
Pantai Batu Angus

PENUTUP
A. Kesimpulan

Dari hasil pembahasan tentang Inovasi pengembangan Taman Wisata Alam Batu Angus maka di ambil kesimpulan:

Taman wisata alam batu angus merupakan wilayah yang kaya akan keindahan alamnya.
Wilayah taman wisata alam batu angus memiliki pantai yang menakjuban.
Masih banyak objek wisata di sulawesi utara yang belum diketahui banyak orang.
Terutama di daerah daerah terpencil yang masih harus di kembangkan oleh pemerintah daerah.

B. Saran

Setelah memperhatikan isi karya tulis,penulis menyarankan:

1. hendaknya pemerintah lebih memperhatikan pariwisata di sulawesi utara agar tidak ada lagi tempat wisata berpotensi tinggi yang tidak tersentuh tangan pemerintah.
2. mempromosikan objek wisata yang ada di sulawesi utara kepada masyarakat luas.
3. Pemerintah dan masyarakat hendaknya menjaga keamanan di wilayah taman wisata alam batu angus agar wisatawan yang berkunjung merasa tenang dan nyaman.

About Redaksi Sulutlink

Check Also

Asisten I Sulut Serahkan Hadiah Lomba Karya Tulis

Manado, Sulutlink.com. Di sela-sela penutupan Pameran Pembangunan Sulawesi Utara, Senin, (24/09), di Kayuwatu, Edison Humiang, …