web analytics

Jaksa Masuk Sekolah

MANADO, Sulutlink.com – Jaksa masuk sekolah merupakan program Nasional dari Kejaksaan Agung RI salah satu tugas Kejaksaan sesuai Pasal 3 ayat 3 UU Nomor 16 Tahun 2004 tentang Kejaksaan RI menyebutkan di bidang ketertiban dan ketentraman umum Kejaksaan turut menyelengarakan kegiatan peningkatan kesadaran hukum masyarakat untuk mendukung tugas tersebut di bentuk kegiatan Penerangan Hukum dan penyuluhan hukum yang diinplementasikan melalui Program Jaksa masuk sekolah.

Kepala seksi Penerangan Hukum Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara Jhonny Malaka mengatakan tujuan dari Jaksa masuk sekolah yakni para siswa dibekali dengan ilmu hukum dan masalah hukum agar dalam kehidupan sehari – hari bisa mengerti hukum dan menjauhi dari Hukuman.

“Tujuan program ini untuk anak – anak sekolah dibekali dengan ilmu Hukum dan masalah Huku dan kehidupan sehari – hari bisa mengerti Hukum agar bisa menjauhi dari Hukuman supaya perlu didik supaya mempunyai masa depan baik dan benar – benar mempunyai intergritas moral yang baik.

Jpeg

Kepala Dinas Pendidikan Sulawesi Utara Gammy Asiano Kawatu mengatakan Program Jaksa masuk sekolah, setidaknya secara dini anak – anak diperkenalkan tentang konsep taat pada Hukum..

“Program Jaksa masuk sekolah program ini adalah program dari beberapa Tahun lalu seperti di Tomohon sudah jalan ketika kewenangan SMA/SMK sudah berada di Provinsi untuk itu Dinas Pendidikan Provinsi mengambil alih SMA/SMK.”ungkap Kawatu

Di Jelaskan Program ini setidak – tidaknya secara dini anak – anak diperkenalkan. Konsep bagaimana taat pada Hukum dan peraturan seoerti dari awal anti Korupsi dan dalam konteks pebinaan karakter anak bangsa kerena Program Presiden Jokowi yaitu Nawacita.

“Dinas Pendidikan Provinsi Sulut mengupayakan untuk dapat bersinergi antara kegiatan dan program dari Kejaksaan kemudian untuk bisa dikembangkan sampai tertib berlalu lintas”kunci Kawatu.

Program Jaksa masuk sekolah dalam bentuk penyuluhan kepada siswa tentang bahaya kenakalan remaja dan bahaya narkoba dilingkungan sekolah maupun di luar sekolah untuk pencanangan Jaksa masuk sekolah SMA dan SMK di Sulawesi Utara telah dilaksanakan di SMK Negeri 1 Manado.(Herman)

About Redaksi

Check Also

Residivis Curanmor dan Curanik Diringkus Gabungan Tim Maleo dan Tim Totosik

Manado, Sulutlink.com – Tim Maleo Polda Sulut bersama Tim Totosik Polres Tomohon ringkus residivis curanik …