web analytics

James Karinda: DLH Mestinya Lebih Tegas Terhadap Pelaku Pencemaran diduga oleh PT. MSM dan PT. Multi Nabati

Deprov, Sulutlink.com – Pernyataan tegas yang disampaikan Ketua Komisi IV DPRD Sulut ketika mendapat informasi yang beredar melalui berbagai media sosial terkait dugaan pencemaran lingkungan yang dilakukan oleh PT.MSM dan PT Multi Nabati.

Ketua Komisi  IV DPRD Sulut James Karinda SH, MH dalam rapat koordinasi (Rakor) dengan Dinas Lingkungan Hidup Sulut meminta dinasnya melalui Ir. Marly Gumalag, agar lebih tegas terhadap pelaku pencemaran lingkungan yang diduga dilakukan oleh PT.MSM dan PT. Multi Nabati.

Karinda minta dinas lingkungan hidup segera mengantisipasi keluhan warga yang sudah kena dampak akibat pencemaran lingkungan disana apalagi saya sudah mendengar informasi ada sungai tempat warga mencari ikan untuk kebutuhan warga setempat.

“ PT MSM melakukan pembuangan limbah disana dan sudah tersiar dimana-mana melalui media sosial. Mungkin harus perlu waktu untuk tim turun lokasi agar masyarakat akan tenang dan bisa beraktifitas kembali, ‘kata Karinda saat dikonfirmasi melalui WA, 27/2/2019 siang.

Ditambahkannya, perusahaan buang limbah di sungai padahal sungai itu dibutuhkan oleh warga untuk MCK, janganlah perusahaan yang mau untung besar tapi mengorbankan kepentingan warga setempat.

Kami juga mendengar bahwa warga disitu sudah berkali-kali mengeluhkan kegiatan PT. MSM maupun PT. Multi Nabati, “ Dinas Lingkungan Hidup sudah saatnya segera ambil sikap tegas, tulis Karinda.

Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sulut Marly Gumalag saat dikonfirmasi per-telepon mengatakan kami sudah menjelaskan kepada Ketua Komisi IV kemarin dalam rakor bersama terkait kasus  PT.MSM  yang mengaliri air limbah tersebut masih sesuai baku mutu berdasarkan Kepmen KLH 202.

“Air limbah PT MSM masih sesuai baku mutu  berdasarkan Kepmen KLH 202, tetapi kami mengapresiasi bapak Ketua Komisi IV dan akan menindak-lanjuti melalui agenda kunjungan kelapangan.

Tambah Gumalag  terkait kasus PT. Multi Nabati Bitung, pencemaran yang dilakukannya sementara dalam penanganan pihak Kementerian Lingkungan Hidup.

“ Pencemaran lingkungan oleh PT.Multi Nabati Bitung sementara ditangani kementerian, disamping itu ada hal lain terkait dengan persoalan tanah. Kami berupaya dalam waktu dekat kami akan laporkan hasil rapat bersama Kementerian KLH, “ pungkas Gumalag.

Edit: Kta09

About Skt Biro Deprov

Check Also

Ketua Bhayangkari Daerah Sulut Berikan Tali Kasih Kepada Nakes dan Korban Banjir Bandang

Manado, Sulutlink.com – Ketua Bhayangkari Daerah Sulawesi Utara (Sulut) Ny. Shinta Nana Sudjana memberikan tali …