web analytics

JANGAN ANGAP REMEH ANGKA KECIL


Oleh : Bert Toar Polii

Dalam kehidupan sehari-hari, orang seringkali menyepelekan hal-hal kecil. Lupa, kalau apapun langkah kita selalu diawali hal-hal kecil. Tanpa bisa mengerjakan hal-hal kecil dengan baik rasanya akan sulit mengerjakan hal yang lebih besar.
Ternyata, kebiasaan yang jelek ini juga menular dimeja bridge. Mari kita lihat pada contoh permainan yang terjadi pada dua papan dibawah ini.

Board: 19. Dlr: Selatan/TB
S A Q 3
H A Q J 10 9 8 3
D Q 8
C 5
S 10 7 S 4
H K 6 5 2 H 4
D 5 4 D K J 10 9 7 6 3
C A 10 8 7 4 C Q J 9 2
S K J 9 8 6 5 2
H 7
D A 2
C K 6 3

Banyak pemain yang bisa mencapai kontrak 6S dan menerima lead D5. Franky Karwur saat berhadapan dengan Jakarta Pusat yang ditayangkan melalui Bridge Base Online keseluruh dunia menang DA kemudian main HA, H Q ketika timur discard D7, Franky secara hati-hati ruff dengan S6, kemudian ia main S8 ke SQ, ruff heart dengan S5 kemeja dengan S9 yang diambil dengan SA kemudian ruff heart dengan S9 dan terakhir keluar senjata pamungkas S2 kearah S3 dan kontrak 6S bikin. Dibeberapa meja ada pemain yang langsung ruff dengan S2 dan sirnalah entry terakhir untuk memainkan heart terakhir. Kontrak ini akan mati kalau lawan lead trump, kecuali declarer potong heart. Hal sepele hanya tidak memperhatikan angka 2 dan 3 membuat kehilangan 14 Imp.

Board: 29. Dlr: Utara/US/TB
S K 3
H Q J 9 7 6 5 3
D K 10
C K 7
S Q 8 S J 7 5 4
H K H 10 8
D Q 6 3 D A 9 8 7 5
C A Q 10 6 5 4 3 C J 8
S A 10 9 6 2
H A 4 2
D J 4 2
C 9 2

Pada papan ini kejadian yang tadi berulang kembali. Kontrak 4H lead CA dilanjutkan dengan club yang dimenangkan oleh declarer dengan CK. Selanjutnya declarer main SK, SA dilanjutkan main spade, barat discard club, declarer ruff dengan H5 (declarer yang hati-hati). Selanjutnya declarer main H7 ke HA dan ketika HK jatuh declarer ruff spade lagi dilanjutkan cabut truff tapi tetap meninggalkan H3.. Selanjutnya main H3 untuk entry kemeja dengan H4, main spade terakhir untuk discard Diamond dan kontrak bikin 5 hanya kalah 1 trik Diamond dan 1 trik club. Dimeja penulis pemain lawan tidak hati-hati ia ruff degan H3, selanjutnya ketika akan ruff spade keempat ia sadar bahwa tidak ada entry lagi. Terpaksa declarer beralih main diamond. Karena declarer memilih main DK maka kontrak 4S hanya bikin dan kehilangan 1 imp. Mungkin 1 Imp bisa tidak berarti banyak, tapi seharusnya kalau pemain lebih teliti hal ini tidak perlu terjadi. Apalagi sekarang dengan skala IMP yang baru maka 1 IMP bisa menjadi penentu kemenangan.
Memang kalau barat ruff dengan HK maka kontrak hanya bikin, Tapi rasanya sulit buat barat memilih jalan itu.

About Redaksi Sulutlink

Check Also

Andi Silangen Nakodai DPRD Sulut Selalu Mengutamakan Tuhan

Manado, Sulutlink. com – Tanpa terasa setahun sudah sosok Dokter Fransiscus Andi Silangen pasca dilantik  …