web analytics

JFE : Hal Mendasar Kegiatan Perkoperasian Memahami Prinsip Koperasi

Walikota Tomohon Jimmy Eman dan Kepala Dinas Koperasi UKM Jane Mendur bersama peserta

TOMOHON,Sulutlink.com – Walikota Tomohon Jimmy Feidie Eman SE.Ak membawa materi pada kegiatan Pembinaan, Pengawasan dan Penghargaan Koperasi berprestasi yang dilaksanakan di Ruang Rapat Dinas Koperasi dan UKM Kota Tomohon Selasa 17 oktober 2017.

Walikota Jimmy Eman dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari suatu monitoring dan evaluasi terhadap perkembangan perkoperasian yang ada di kota Tomohon . Ini dilakukan sebagai salah satu apresiasi dan penghargaan atas kinerja koperasi dalam periode tertentu.

“Untuk meminimalisasi ketidakaktifan kegiatan perkoperasian, maka dipandang perlu untuk melaksanakan kegiatan seperti ini guna merangsang koperasi saling berlomba meningkatkan kualitas.”ungkap Eman

Bahkan lanjutnya, Hal mendasar yang sangat diperlukan dalam kegiatan perkoperasian adalah memahami prinsip koperasi. Sesuai dengan visi Pemerintah Kota Tomohon , terwujudnya masyarakat Kota Tomohon yang relijius, berdaya saing, demokratis, sejahtera, berbudaya dan berwawasan lingkungan menuju kota wisata dunia.

Dinas Koperasi dan UKM Kota Tomohon menjadikan salah satu misi pemerintah Kota Tomohon sebagai acuan yaitu “Mewujudkan daerah yang berdaya saing dan mandiri”. Koperasi bertujuan memajukan kesejahteraan anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya serta ikut membangun tatanan perekonomian nasional dalam rangka mewujudkan masyarakat yang maju, adil dan makmur berlandaskan Pancasila dan UUD 1945.

Ditambahkan Walikota Tomohon, Koperasi juga mempunyai 5 persyaratan yang harus dipenuhi koperasi yaitu adanya orang atau subjek hukum pendukung bak dan kewajiban; adanya pengelola, pengurus dan direksi; adanya harta kekayaan yang terpisah atau equity(permodalan), adanya kegiatan dan adanya aturan main yang berdasarkan prinsip koperasi. Pengelolaan organisasi koperasi yang sehat dapat meningkatkan kepercayaan anggota dan masyarakat.

“Oleh karena itu dihimbau kepada kita semua secara khusus gerakan koperasi untuk terus menumbuhkembangkan kesadaran dan kecintaan terhadap perkembangan perkoperasian” tutup Eman dan membuka kegiatan secara resmi.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Kepada Dinas Koperasi UKM Jane Mendur,SE beserta jajaran, pelaku koperasi dan para undangan (timsl/red)

About Redaksi

Check Also

Didampingi Wabup PYR, Bupati FDW Serahkan Bantuan Benih dan Alsintan

Minahasa Selatan, Sulutlink.com – Bupati Minahasa Selatan Franky Donny Wongkar, SH didampingi Wakil Bupati Pdt …