web analytics

Julia Kolanus Ingatkan Warga Buha Melestarikan Budaya Cakalele Bantik

Manado,sulutlink.com- Nama Fransisca Julia Kolanus, di Kota Manado taknperlu diragukan lagi kapabilitasnya. Pasalnya, wanita enerjik yang mencalonkan diri sebagai bakal calon anggota legislatif di daerah pemilihan (Dapil) Singkil Mapanget dari Partai Demokrat  (PD) bernomor urut satu sangat peduli dengan kebudayaan daerah yang ada di Kota Manado. Buktinya, tatkala menghadiri perayaan lomba antar kelurahan se Kota Manado yang dipusatkan di Kantor Lurah Buha, wanita pekerja keras inipun mengatakan bahwa kita memiliki kebudayaan daerah yang merupakan hasil karya dan proses kreatif dari nenek moyang kita terdahulu yakni, tarian adat budaya Cakalele Bantik

“Sudah seharusnya dan selayaknya kita melestarikan budaya yang kita miliki sebagai wujud penghargaan kepada mereka. Dan perlu juga ada regenerasi agar budaya kita ini tidak punah.” ucap Isteri tercinta Pnt Odhy Lumentut ini

Lebih jauh katanya, budaya daerah Cakalele Bantik ini, sudah menjadi ikon Sulawesi Utara yang dipentaskan ditingkat Nasional.Oleh karena itu sebagai warga masuarakat Sulut dan Kota Manado, mari kita menjaga kelestarian budaya daerah ini sebagai wujud kecintaan kita kepada bangsa dan negara.

“Budaya Cakalele bantik sudah menjadi ikon Nasional yang patut kita lestarikan baik gereasi tua maupun jaman now,” pintahnya.

Pada saat itu juga, wanita yang murah senyum inipun berbaur dengan para penari Cakalele Bantik kemudian memberikan bantuan bagi dalam bentuk uang pembinaan bagi para penari untuk dibelikan kostum baru.

(Onal Gampu)

 

About Redaksi

Check Also

KETUA BANGGAR DPRD SULUT INGATKAN DIRUT RSUD OD-SK “KETERBUKAAN”

Manado, sulutlink.com – Ketua Banggar Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dr …