web analytics

Kabar gembira bagi Pengusaha: Kewajiban perpanjangan SIUP & TDP dihapus

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menjawab pertanyaan anggota Komisi VI DPR saat rapat kerja di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (6/2). Rapat tersebut membahas rencana program kerja Kementerian Perdagangan tahun 2017 dan jaminan pasokan serta stabilitas harga barang. ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/ama/17
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita

Sulutlink.com – JAKARTA. Pemerintah pusat memutuskan untuk menghapus kewajiban perpanjangan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) dan Tanda Daftar Perusahaan (TDP). Keputusan paket kebijakan ekonomi tersebut diambil sebagai salah satu cara untuk memperbaiki indeks kemudahan berusaha atau ease of doing bussines (EODB).

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukito, menjelaskan dengan penghapusan tersebut ke depannya, perusahaan yang sudah beroperasi, asal nama tidak berubah, tidak perlu lagi direpotkan untuk memperpanjang SIUP dan TDP.

“Poinnya, minggu depan sudah tidak ada lagi itu kewajiban,” katanya di Jakarta, Kamis (16/2), sesuai dikutip dari kontan.co.id.

Lukito mengatakan, agar kebijakan tersebut bisa segera direalisasikan, maka pihaknya dalam waktu dekat ini segera mengeluarkan surat edaran ke dinas-dinas terkait, agar kewajiban tersebut ditiadakan. Presiden Joko Widodo ingin agar kemudahan berusaha terus diperbaiki.

Langkah ini diambil guna menurunkan indeks kemudahan Berusaha (EODB), seperti diketahui saaat ini Indonesia berada di peringkat 91 membaik 15 peringkat dari posisi awal berada di 106. Target Menteri Perdagangan Lukito agar peringkaat Indonesia bisa diturunkan sampai di bawah 50.

Sebelumnya Pramono Anung, Sekretaris Kabinet beberapa waktu lalu telah memerintahkan jajarannya untuk segera melakukan perbaikan untuk mencapai target tersebut. (red.)

 

About Redaksi 2

Check Also

Bupati Minahasa Tenggara James Sumendap SH. MH Berhasil Selesaikan Studi S2 Dan Di Wisuda Dengar Gelar Magister Hukum

Jakarta – sulutlink.com Hari yang penuh kebahagiaan bagi Bupati Minahasa Tenggara (Mitra) James Sumendap SH.MH, …