web analytics

Kata Herwyn: Bawaslu Patroli Pengawasan, Pencegahan Politik Uang Di Masa Tenang

Admin2bawaslu.on dec 5 . 2020

Ketua Bawaslu Herwyn Malonda Hadiri Rakor Bersama Stakeholder

Manado, sulutlink.com –  Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulawesi Utara (Sulut) Herwyn Malonda mengatakan, memasuki akhir kampanye masa tenang pasangan calon (paslon) kepala daerah di Provinsi Sulawesi Utara, Bawaslu lakukan  patroli  pengawasan guna  mencegah terjadinya praktek politik uang selama masa tenang berlangsung.

“Kami akan melakukan patroli selama masa tenang dalam rangka pengawasan langsung guna pencegahan terhadap praktek money politic atau politik uang.  Kami dalam satu tim terpadu dan di bantu aparat kepolisian, karena melihat kondisi seperti ini rentan terjadi potensi money politic termasuk bantuan sosial (bansos) dan iming-iming sesuatu,” ungkap Malonda kepada wartawan, Sabtu (5/12/2020).

” Bawaslu telah mengirim surat himbauan kepada kepala daerah dan pasangan calon (paslon) terkait penyerahan bantuan, hendaknya tidak di saat masa tenang. Diharapkan bantuan itu setidaknya diserahkan sesudah pilkada tanggal 9 Desember 2020 atau di atas tanggal 10 Desember,” himbau Malonda

Yang harus kita perhatikan, agar kondisi di masa tenang tidak akan terjadi gesekan atau konflik di tengah masyarakat.

Kami selalu mengingatkan pilkada  menggunakan protokol kesehatan  terapkan 3M,  Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci Tangan. Bawaslu juga,  melindungi hak suara dari masyarakat yang tidak dapat memberikan hak suara karena tidak memilki KTP elektronik,” tandas Malonda

Selain itu, Bawaslu minta kepada KPU terkait pendataan pemilih, data harus mengikuti pedoman atau valid, akurat serta transparan. Disamping itu lanjut Malonda, Bawaslu akan mengawasi pemilih disabilitas terkait fasilitas  serta pemilih yang terdampak covid-19 baik yang ada di rumah sakit. Selain itu DPT masyarakat yang ada di lembaga pemasyarakatan, Bawaslu akan berkoordinasi dengan satgas covid serta pihak rumah sakit, ” Pungkas Malonda.

About DeProS Red

Check Also

Polres Minut Pulangkan 3 Korban Perdagangan Orang dari Saumlaki (Maluku Tenggara Barat)

Manado, Sulutlink.com – Kapolda Sulawesi Utara Irjen Pol Mulyatno didampingi Kabid Humas Kombes Pol Jules …