web analytics

Kemenpar Lakukan FGD Penyusunan Klasifikasi Titik Selam

IMG_20170524_151327Sulutlink. Manado.  Kementrian Pariwisata melalui Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata melakukan Focus Group Discussion Penyusunan Klasifikasi Titik Selam di Aston Hotel Manado (24/5).

FGD dibuka langsung oleh Dadang Rizki Rahman Deputy Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara. Diingatkan Dadang, bahwa Operator Diving memiliki tanggung jawab yang besar karena membawa nama baik Indonesia terhadap keselamatan para turis yang menggunakan jasa mereka.

Untuk tujuan keamanan dan kenyamanan para turis yang ingin menyelam maka sangat penting dibuat aturan atau ketentuan mengenai Klasifikasi Titik Selam yang perlu dibahas bersama dengan pelaku usaha pariwisata selam dan Diving Guide.

Menurut Cipto Hajigunawan selaku narasumber memaparkan kondisi dan permasalahan sektor pariwisata selam yang menurutnya setiap tahun terjadi korban meninggal karena menyelam. Dengan kasus – kasus seperti ini sehingga penting bagi pelaku usaha pariwisata selam memahami kondisi area selam sesuai parameter – parameter keamanan yang mengacu pada Klasifikasi Titik Selam.

Selain memahami kalsifikasi titik selam dimasing-masing wilayah kerjanya maka setiap operator baik perusahaan maupun penyelamnya harus disertifikasi, hal ini telah termuat pada Permenpar No. 7 Tahun 2016 Tentang Pesoman Pedoman Penyelenggaraan Wisata Selam Rekreasi yang mewajibkan usaha pariwisata diving memenuhi persyaratan seperti: TDUP, Setifikasi Usaha, Sertifikasi Penyelam ,SOP dan Klasifikasi. (jansen)

 

 

About Redaksi 2

Check Also

Muscab Partai Demokrat Ke IV Se Sulut Jaring Calon Ketua 14 DPC, Billy Lombok: Calon Terpilih Akan Lanjut Ketahap Fit And Proper Test

  Manado, Sulutlink.com – Sekretaris Partai Demokrat Sulut Billy Lombok, SH usai Muscab menjelaskan kepada …