web analytics

Ketua KPU RI Buka Tahapan Pilkada, Minahasa Pioner Demokrasi di Indonesia

21752472_10209735656846010_7121321815917467231_n

TONDANO, Sulutlink.com – Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Minahasa Tahun 2018 resmi bergulir yang ditandai dengan launching dan sosialisasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) oleh Ketua KPU RI Arief Budiman di Wale Ne Tou Minahasa, Tondano pada jumat (15/9/2017) malam.

Kegiatan peluncuran sekaligus sosialisasi tahapan Pilkada Minahasa tersebut diawali dengan ucapan selamat datang oleh Ketua KPU Minahasa Meidy Y.Tinangon yang mengatakan bahwa bersyukur saat ini boleh berkumpul melalui Sosialisasi Pemilihan dengan Pementasan seni budaya drama kolosal yang bertema Pesona Minahasa Pioner Demokrasi Indonesia

Meidy Tinangon mengatakan, Minahasa Pioner Demokrasi yang menjadi tema drama ini dilandasi kuliah umum mantan Ketua KPU RI Almarhum Husni Kamil Manik pada 27 mei 2016 bahwa Minahasa ada dalam posisi penting demokrasi Indonesia

“Almarhum Husni Kamil Manik, pernah menegaskan bahwa  demokrasi Indonesia awalnya dari Minahasa. Hal ini sangat beralasan karena sebelum Indonesia merdeka tahun 1945, jauh sebelumnya kultur, struktur dan praktek demokrasi telah ada di tanah Minahasa, Dan hal tersebut tergambar dalam drama yang akan dipentaskan oleh siswa – siswa sekolah di Tondano.” ungkap Tinangon.

Kegiatan peluncuran dan sosialisasi dengan drama oleh para siswa sekolah tersebut yang berisi tentang sejarah demokrasi di Minahasa bahkan Indonesia secara luas dilanjutkan dengan pemukulan Tetengkoren oleh Ketua KPU RI Arief Budiman yang didampingi oleh Ketua DKPP Hasyim Ashari, Ketua KPU Sulut Yesi Momongan, Bupati Minahasa Jantje Sajow dan Wakil Bupati Ivan Sarundajang, Komisioner KPU Minahasa, Ketua Panwas Pemilu Minahasa Donny Rumagit dan disaksikan oleh seluruh undangan.

Sementara itu Ketua KPU RI Arief Budiman dalam sambutannya berterima kasih dan memberi apresiasi kepada KPU Minahasa.

“Drama tadi adalah tontonan dan potret luar biasa tentang demokrasi Minahasa dan Indonesia. Ini kalau dipertontonkan Nasional akan hebat bahkan mungkin gambar – gambar tadi bisa dipakai oleh KPU RI nanti”ucap Budiman

Arief Budiman melanjutkan Minahasa sebagai pioner demokrasi oleh karena itu harus buktikan tentang pelaksanaan demokrasi dan yang terdekat adalah Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Minahasa.

Kegiatan launching dan sosialisasi tahapan Pilkada Minahasa 2018 diperkenalkan pula maskot Pilkada Minahasa yaitu “Si Payangka” yang artinya Pilkada yang kredibel dan aman, juga perkenalan jingle Pilkada Minahasa yang berjudul Mari Memilih Untuk Minahasa Jaya.

Dan dihadiri pula oleh unsur Pemerintah hingga Lurah dan Hukumtua, Partai Politik, Penyelenggara Pemilu Kabupaten dan Kota di Sulut juga KPU Tangerang dan Banten, Forum Komunikasi Umat Beragama, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Ormas, Komunitas Peduli Pemilu, Pemilih Pemula dan Unsur Media (herdymendur)

About Redaksi

Check Also

Tingkatkan Kerjasama Pelayanan Kesehatan, Dirut RSUD OD-SK Jajaki KPU Sulut

Manado, Sulutlink.com – Dalam Rangka optimalisasi pelayanan dibidang kesehatan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) OD-SK …