web analytics

Komisi III DPRD Sulut, Waduk Kuwil Kawangkoan ‘Tuntas’ Desember 2022

RDP Komisi III DPRD Sulut dengan Balai Sungai Wilayah Sulawesi I Kementerian PUPR

Manado, sulutlink.com – Perampungan Waduk Desa Kuwil dan Kawangkoan Kecamatan Kalawat Kabupaten Minahasa Utara jadi prioritas pembangunannya oleh Kementerian PUPR melalui Balai Sungai Wilayah Sulawesi I.

Hal itu jadi prioritas pembahasan dalam rapat dengar pendapat (RDP) Komisi lll DPRD Sulut, bersama mitra kerja Balai Sungai Wilayah Sulawesi I Senin (4/4).

Usai RDP, Kepala Balai SungaiWilayah Sulawesi I, I Komang Sudana, MT bersama Novi Ilat, kepada wartawan mengatakan Waduk Kuwil Kawangkoan total nilai 2,8 trilyun saat ini tengah dirampungkan selain ada tiga paket, diantarahnya paket 1 dan 2 sudah rampung sehingga proses pengerjaan bendungan sudah mencapai 77%, dengan kisaran 370 milyar .” ungkap Sudana.

Proyek bendungan waduk tersebut ditargetkan akhir Desember tahun 2022 bisa tuntas.

“Akan tetapi menurut tim pelaksana teknis di lapangan diharapkan bisa rampung bulan Agustus, namun karena masih akan diuji bendungan waduk, dengan pengisian air.” sambungnya.

Ketua Komisi lll DPRD Sulut Berty Kapojos, masalah lahan warga yang dibebaskan tinggal beberapa pemilknya dan hal itu berdasarkan keputusan pengadilan.

“Ada keputusan oleh pengadilan terkait lahan yang akan dibayar, namun begitu ada lahan sudah dibayar tetapi bukan lahan yang bersangkutan dan orang tersebut sudah meninggal. Selain itu ada lahan orang yang akan menerima pembayaran tetapi belum ditentukan lokasinya.” sebut Kapojos.

Politisi PDI P ini pun mengutarakan proyek waduk awal rencana kerja akan selesai bulan Agustus, namun dengan pertimbangan cuaca belum signifikan, sehingga diperkirakan bulan Desember selesai, turut disupport Kepala Balai bahwa proyek bendungan waduk kuil memang ditargetkan bulan desember sudah selesai dan awal tahun 2023 akan diresmikan.” pungkasnya. (KST).

About DeProS Red

Check Also

Mario Mambu/Cliff Tangkuman dari Raewaya Sulut Perkasa di Seleknas AG 2022

Oleh : Bert Toar Polii Sulutlink.com – Mario Mambu/Cliff Tangkuman dari Raewaya Sulut Perkasa di …