web analytics

KOMISI IV DPRD SULUT PANTAU TERUS KOMITMEN DIREKTUR PT SUKSES MULIA: SIAP BAYAR HAK KARYAWAN

 

Rapat dengar pendapat Komisi IV DPRD Sulut Tindaklanjuti Pengaduan Karyawan PT Sukses Mulia tentang UPAH yang  belum dibayar

Manado, sulutlink.com – Komisi IV DPRD Sulut gelar rapat bersama mitra kerjanya, tindaklanjuti aspirasi masyarakat, khususnya pengaduan karyawan PT. Sukses Mulia terkait hak-hak dan kewajiban yang harus dipenuhi pihak perusahaan, yaitu masalah UPAH.

Komisi IV yang menangani bidang kesejahteraan, duduk satu meja cari solusi pemecahan masalah yang dikeluhkan melalui aspirasi yang diterima oleh lembaga DPRD Sulut, lewat rapat dengar pendapat (RDP) dengan pihak-pihak terkait, dalam hal ini: Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Daerah Provinsi Sulut, PT. Sukses Mulia, Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia Provinsi Sulut, BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan, yang berlangsung diruang serbaguna lantai 3 DPRD Sulut, Selasa (15/02/2022).

Rapat Dengar Pendapat, dipimpin Ketua Komisi IV DPRD Sulut, Braien Waworuntu, SE didampingi Wakil Ketua Careig Runtu, Anggota Melky Pangemanan dan Yusra Alhabsyi.

Adapun isi surat pengaduan yang masuk di DPRD Sulut itu: tentang Tuntutan yang dilayangkan oleh karyawan PT Sukses Mulia yang juga diketahui oleh Disnakertrans Provinsi Sulawesi Utara; Yaitu,

– Upah yang tidak sesuai UMP
– Upah lembur tidak dibayar, dan
– APD dipotong dari gaji karyawan

Menanggapi isi tiga hal pengaduan karyawan, pihak Direktur. PT Sukses Mulia, Melani Linggaya dihadapan Komisi IV mengaku, dan bersedia akan melunasi UPAH karyawan yang belum dibayarkan, namun Ia mengusulkan kepada Komisi IV DPRD Sulut, bisa dilakukan dengan cara pembayaran secara bertahap.

“ Dari sejumlah karyawan yang hadir saat itu, baru ada 3 orang yang menyetujui untuk kami ( PT. Sukses Mulia) bayar secara cicil, dan ketiganya sudah dan sementara kami bayarkan tiap bulan sebesar 500 ribu, sejak agustus 2021 sampai sekarang.

Pernyataan Pihak PT. Sukses Mulia mendapat penolakan oleh karyawan lainnya, tidak setuju dibayarkan secara menyicil, Sehingga PIHAK PT belum menindaklanjutinya, karena untuk saat ini kami belum mampu ‘bayar satu kali’,” ungkap Melani Linggaya dihadapan Forum RDP.

Menanggapi hal itu, Komisi IV DPRD Sulut, langsung menyarankan untuk ruang waktu bagi karyawan dan Pihak Perusahaan didampingi Disnakertrans Provinsi Sulut lakukan mediasi. Hasilnya, ada titik terang, yang isinya menyebut para karyawan lain yang sebelumnya menolak, akhirnya MENYETUJUI untuk pembayaran secara cicil sampai lunas ditambah dengan pembayaran UANG kompensasi untuk APD.

Ketua Komisi IV DPRD Sulut Braien Waworuntu mengingatkan kepada PT. Sukses mulia untuk memegang teguh kesepakatan ini. Perusahaan harus penuhi upah karyawan karena itu hak mereka. “Saya bersama teman-teman komisi IV pasti akan mengawal dan terus memantau kesepakatan ini sampai selesai,” pinta Waworuntu.

Disamping itu, Anggota Komisi IV Melky Pangemanan mengatakan bahwa DPRD tidak memihak ke karyawan dan juga tidak memihak ke Perusahaan, tapi DPRD adalah lembaga yang selalu siap sebagai fasilitator, menampung aspirasi masyarakat untuk ditindaklanjuti.

“Kami (DPRD) kuliti masalah ini bukan memojokkan salah satu pihak tapi mencari solusi dan formula terbaik guna menuntaskan apa yang menjadi batu sandungan antara kedua belah pihak. Itu sudah menjadi tugas kami DPRD,” kata Wakil ketua Bapemperda DPRD Sulut itu.

Melky Pangemanan, mengingatkan Disnakertrans untuk melakukan komunikasi yang baik dengan semua pihak, baik perusahan maupun karyawan agar tidak terjadi lagi hal-hal seperti ini.

“ Masalah seperti ini harus ada komunikasi yang baik dan jelas. Jangan sampai berlarut-larut seperti ini. Disnaker sudah 5 kali kunjungan ke Perusahaan PT. Sukses Mulia tapi hasilnya tidak ada titik terang, sedangkan karyawan berbulan-bulan harus menunggu kejelasan. Melky, minta Disnaker, kedepannya jangan lagi terjadi hal seperti ini,” tutup MJP.
**/ Karel.

About DeProS Red

Check Also

RESES II TAHUN 2022 HENDRY WALUKOUW KUNJUNGI KECAMATAN TALAWAAN DAN DIMEMBE

Minut, sulutlink.com – Reses II tahun 2023 Anggota DPRD Sulut, Hendry Walukouw, agenda kali ini …