web analytics

Komitmen Jaga Kelestarian Lingkungan, Pemkot Bitung Gelar Uji Emisi Gratis

Bitung, Sulutlink.com – Untuk memastikan emisi gas buang pada pembakaran mesin kendaraan bermotor di Kota Bitung, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bitung, bekerja sama dengan Satlantas Polres Bitung, didukung Sekolah Lingkungan Kota Bitung, menggelar uji emisi kendaraan bermotor, Senin (26/11/2018) yang dilaksanakan di depan Kantor Walikota Bitung.

Kepala Sekolah Lingkungan, Dra Khouni Lomban – Rawung MSi, turun langsung dan mengukur emisi kendaraan bermotor dengan menggunakan alat uji emisi, didampingi Wakil Kepala Sekolah Lingkungan, Julius Ondang SPd MSi, Kepala DLH Sadat Minabari SE, dan Ketua DWP Kota Bitung, dr Rini Pangemanan-Tinangon SpPD.

“Mari kita lihat hasil dari uji ini, kalau harus dilakukan perawatan, segera berikan rekomendasi,” ajak Ketua POSSI Kota Bitung

Menurutnya, Sekolah Lingkungan memiliki lima bidang, salah satunya sekolah lima bersih yaitu sarana atau ruang untuk mengedukasi program – program yang dilakukan Pemerintah bersama masyarakat di sekolah tersebut.

Ditambahkan, Sekolah Lingkungan sangat memberikan apresiasi dan menghargai dengan adanya uji emisi ini, karena kegiatan ini termasuk menyelamatkan bumi, yaitu program langit biru.

Sementara itu Wakil Kepala Sekolah Lingkungan, Julius Ondang menambahkan, sangat mendukung kegiatan tersebut karena berhubungan langsung dengan lingkungan hidup.

“Kami harap kegiatan ini boleh berlanjut terus, agar emisi gas buang kendaraan di Kota Bitung, bisa diketahui,” ujar suami tercinta Pdt Veronika Porajouw STh ini.

Sementara itu Kepala DLH, Sadat Minabari SE, saat diwawancarai awak media menegaskan, pihaknya akan terus melaksanakan kegiatan pemeriksaan emisi gas buang di Kota Bitung secara rutin.

“Salah satu sumber polusi udara berasal dari sumber bergerak yaitu kendaraan bermotor, kita lakukan uji emisi kendaraan roda empat yang menggunakan bahan bakar Premium atau Pertalite yang tujuannya untuk melihat sejauh mana tingkat emisi yang dikeluarkan, apakah dibawah standart baku mutu atau tidak,” ungkap Minabari.

Ditambahkannya, pemeriksaan dilakukan secara acak dari berbagai tipe kendaraan dan kemudian akan dilakukan perhitungan untuk memperoleh sampel, agar mendapat gambaran mengenai udara ambien dan diketahui kualitas udara yang ada.

“Kami berharap dengan uji emisi ini, masyarakat dapat memperoleh hak atas lingkungan yang bersih dan pemeriksaan lanjutan akan dilakukan sebelum pelaksanaan Car Free Day setiap sabtu,” ujar Minabari. (JoTam)

About JoTam

Check Also

Berty Kapojos Sosialisasi Peraturan Daerah Provinsi Sulut Tahun 2022

Minut, Sulutlink.com – Anggota DPRD Provinsi Sulut Berty Kapojos, S.Sos, gelar kegiatan Sosialisasi Perda (Sosper) …