web analytics

LEBIH SULIT JADI DEFENDER KETIMBANG DECLARER


Oleh: Bert Toar Polii

Banyak orang berpendapat bahwa menjadi defender lebih susah dibanding menjadi declarer. Melihat kenyataan yang ada, pendapat ini dapat dibenarkan. Sebab, declarer paling tidak mendapat keuntungan dapat melihat kartu dummy sementara defender tidak bisa saling melihat. Tapi kalau ditinjau dari segi peranan masing-masing, seharusnya kedua pihak selain tentu saja memiliki perbedaan tapi ada juga sedikit persamaan.
Yang membedakan keduanya adalah, disatu pihak declarer berperan untuk mengamankan kontrak yang telah dicapai sedangkan dipihak lain defender berperan dalam upaya menggugurkan kontrak dari declarer.
Kesamaannya adalah dalam hal berfikir. Hal ini sering sekali diabaikan oleh para pemain pemula. Sering sekali kita lihat dimeja, pada saat mereka menjadi declarer, mereka akan berfikir lebih seksama dan memperhatikan distribusi kartu serta menghitung High Card Point yang mungkin dipegang oleh defender, sehingga pada saat harus melakukan “guess” biasanya mereka akan menghasilkan analisa yang tepat. Sebaliknya pada saat menjadi defender, otak mereka seakan-akan tidak bekerja sehingga membuat kesalahan-kesalahan sepele.
Memang adalah lebih sulit menjadi defender dibandingkan menjadi declarer, karena defender hanya bisa melihat kartu dummy. Tetapi mereka lupa bahwa proses berfikirnya tetap sama. Pada saat defense pasangan mereka akan memberikan informasi melalui signal (legal) yang akan membantu untuk menentukan bentuk serta isi dari pegangan kartu declarer.
Sangat berbahaya menggunakan kata “salah” atau “tidak pernah” jika membicarakan bridge, tetapi yang pasti setiap trick yang dimainkan oleh declarer akan memberikan informasi – informasi baru bagi defender. Beberapa kombinasi kartu dibawah ini akan lebih menjelaskan apa yang dimaksud.
Dummy
SAQ2

                     Anda                                                                                                                           
                     SK1074

Anda lead S4 declarer memainkan SQ di dummy pasangan anda buang S2 dan declarer S8.
Apa kesimpulan yang anda dapat tentang kartu declarer?.
Jika anda mendapat kesulitan dengan problem ini, cobalah anda tempatkan diri anda sebagai declarer, misalnya anda sebagai declarer dengan kombinasi ini.

Dummy
SAQ2

Declarer
S J98

Tentunya anda akan main kecil dengan harapan akan mendapatkan 3 trick jika lawan lead dari bawah SK
Tetapi jika anda taruh SQ tentunya hanya akan mendapat 2 trick.

Kembali kepada probem semula.
Dari cara main declarer sekarang anda tahu bahwa declarer tidak pegang SJ (Hal ini tidak mutlak karena kadang dengan kombinasi tadi declarer akan main SQ, jika ia membutuhkan entry yang cepat di dummy, tentunya jika declarer melakukan hal ini anda dapat mengetahui dengan melihat secara keseluruhan kartu didummy, jalannya penawaran dan kartu anda sendiri).
Apakah cukup sampai disini yang dapat disimpulkan oleh defender tentu saja tidak, masih ada kesimpulan lain yaitu bahwa pasangan anda kebanyakan pegang J tetapi mengapa ia buang 3. Jika anda bermain standart signal tentu saja buang angka 3 berarti ia menolak anda melanjutkan warna tersebut. Demikian juga proses berfikir yang harus dilakukan pasangan anda, karena dari cara main declarer ia tahu bahwa jika anda lead dari bawah SK pasti anda tahu bahwa ia pegang SJ buat apa lagi melakukan atittude signal, adalah lebih penting untuk melakukan count signal atau mungkin suit preference signal.
Dari cara yang sederhana tadi anda telah banyak berbuat sesuatu. Pertama kali memang sukar tetapi sedikit demi sedikit dengan latihan yang teratur pada suatu saat anda akan menikmati hasil yang lebih baik.
Tetapi seperti yang dikemukan apda awal tulisan ini jangan sekali kali menggunakan kata “selalu” atau tidak pernah dalam bridge. Terlihat pada papan dibawah ini yang diambil dari kejuaraan pasangan Eropa tahun 1980 di Montecarlo.

                    Utara
                    S A986                                 
                    H 1062                                                                                                                                                D A52               
                    C J86                                   

Barat Timur
S J3 S1042
H KQ4 H AJ54
D 9743 D 1086
C KQ103 C 754
Selatan
S KQ75
H 983
D KQJ
C A92

Kontrak 3NT oleh selatan dan barat lead CQ. Declarer membiarkan CQ menang. Siapa yang bisa menyalahkan Barat kalau kemudian pada trik kedua Barat meneruskan dengan lead Club kecil sehingga CJ declarer menang. Menurut pikiran Barat, seandainya declarer pegang CA, pasti ia ambil Ace untuk menjamin dapat 2 trik di club. Declarer kemudian main spade dan ketika spade terbagi rata, declarer langsung membuka kartunya dan menyatakan kontrak bikin, karena dapat 4 trik spade, 3 trik diamond dan dua trik club. Declarer adalah pemain Internasional Perancis Jean Marc Roudmenco. Hanya cara ini yang bias menyelamatkan kontrak. Ambil CA kemudian main club membuat lawan akan menang CK dan beralih serang heart.

About Redaksi Sulutlink

Check Also

Forum Pimpinan DPRD Se Sulut, FAS: Dipercayakan Sebagai Pimpinan Perlu Terus Mengupgrade Pola Pikir

  Manado, Forum Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) se Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) kembali digelar. …