web analytics

Legalitas Usaha, Dinas Penanaman Modal dan PTSP Minut Gelar Sosialisasi Pelayanan Perizinan Secara Online


Minahasa Utara, Sulutlink.com
– DPMPTSP (Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu) Kabupaten Minahasa Utara, gelar bimbingan teknis (Bimtek) perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik Berbasis Resiko atau Online Single Submission – Risk Based Approach (OSS-RBA) , kali ini bagi pelaku Usaha Mikro Kecil (UMK) , Jumat (01/10/2021). Aula JG Center Jalan Ir Soekarno.

Dalam sambutan Bupati Joune Ganda, perizinan berusah , ini dalam rangka meningkatkan kwalitas perizinan berusaha , dan Wajib digunakan oleh pengusaha, baik perseorangan , dan semua kegiatan usaha wajib menggunakan sistem ini.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP , Jack YR Paruntu SE dalam sambutannya, mengatakan sistem perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik atau Online Single Submission (OSS) ini, legalitas berusaha, legalitas yang diberikan kepada pelaku usaha untuk memulai dan menjalankan usaha atau kegiatannya, dengan ada NIB (Nomor Induk Berusaha), ini menjadi dasar untuk kegiatan usaha. Orang didorong berusaha menciptakan lapangan usaha.

“Pelaku UMKM salah satu yang menunjang tonggak ekonomi nasional sehingga tidak jatuh ke krisis yang lebih dalam , dimasa pandemik ini. Kami memberikan kemudahan kemudahan supaya usaha memiliki legalitas, “Singkat Kadis Jack, yang didampingi Kabid Pengendalian dan Pengawasan, Rolly Kambey.

Sementara Narasumber dari Succofindo, Andy Dien, memaparkan cara pengisian administrasi, tahap tahap pendaftaran, pengisian, sehingga perizinan berusaha telah terbit.

“Resiko rendah akan keluar ijin NIB, resiko menegah , NIB dan Sertifikat Standard, ini berlaku bagi izin usaha, ” ujar Andy DienDien, ditambahkan jika sistem bisa dibuka dari rumah jika sudah paham cara pengiputan.

Dan jika ada kesulitan dalam mengimput, DPMPTSP siap lakukan pendampingan, membantu untuk pengimputan, dengan data yang akurat, karena jika ada data yang salah ,sangat sulit untuk diganti.

Kegiatan ini dihadiri Para pengurus komunitas Kawanua yang diketuai Ibu Vera Manonuttu , dan para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) , diantaranya, berasal dari Maumbi, usaha peternak ayam Novel Enoch, usaha peternak ayam daging Pauldy Dumanauw, usaha kue biapong Ibu Madame Inong, Usaha kembang Senny Oya Koltem, Salon Enie Wilayah Sukur, dan Usaha Kue Ibu Syane Lampus. Usaha Tas Rajut Ronny Katuuk, Kios Kue Julien, Usaha Handsanitizer. Senny Oya Koltem, Salon Enie Wilayah Sukur, dan Usaha Kue Ibu Syane Lampus. Usaha Tas Rajut Ronny Katuuk, Kios Kue Julien, Usaha Pengolahan Handsanitizer, Audy Mononuttu.
Adapun kegiatan berlangsung dengan baik, dengan tetap mengikuti Prokes, diawali dengan Swab – Antigen Covid 19 bagi setiap peserta sebelum mengikuti kegiatan. (Serly Tasiam)

About Redaksi 2

Check Also

Polres Minut Pulangkan 3 Korban Perdagangan Orang dari Saumlaki (Maluku Tenggara Barat)

Manado, Sulutlink.com – Kapolda Sulawesi Utara Irjen Pol Mulyatno didampingi Kabid Humas Kombes Pol Jules …