web analytics

Lomba Lari Marathon Danau Tondano Siap Digelar

Sekretaris Daerah Minahasa Jeffry Korengkeng memimpin rapat persiapan lomba marathon danau Tondano 2017
Sekretaris Daerah Minahasa Jeffry Korengkeng memimpin rapat persiapan lomba marathon danau Tondano 2017

TONDANO, Sulutlink.Com – Perhelatan even Lomba Lari Jarak Jauh “Tondano Lake Marathon 2017” yang digelar oleh Pemkab Minahasa bekerjasama dengan Yayasan Kawanua Sedunia (YKSD) dalam rangka mensukseskan Pesona Minahasa 2017 siap digelar pada Sabtu, 5 Agustus 2017 mendatang.

Kegiatan yang akan memperlombakan 3 kategeri lomba, meliputi Full Marathon 42,195 km, Half Marathon 21,097 km dan 10 km ini, dimatangkan pelaksanaannya dalam suatu pertemuan pada Rabu (2/8/2017) siang yang dipimpin oleh Sekdakab Minahasa Jeffry Robby Korengkeng SH MSi, dan dihadiri oleh Kadis Pemuda dan Olahraga Siby Sengke SSos MAP, Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Agustivo Tumundo SE MSi, Ketua YKSD Mieke Tumurang Renaud, Manajer Dunia-Lari.Com Frank Malonda, Camat Tondano Barat Maya Kainde SH, Camat Kakas Jeffry Maisiow SH, Camat Kakas Barat Jeffry Tangkulung SH, Camat Eris Deidy Tumarar SE dan perutusan SKPD teknis lainnya.

Dalam arahnya Sekdakab Jeffry Korengkeng mengharapkan agar para instansi teknis serta camat yang wilayahnya akan dilalui oleh peserta lomba Lari marathon ini untuk dapat mempersiapkan dan mensukseskannya.

“Kegiatan ini untuk menunjang Pesona Minahasa 2017 dan dalam menyambut HUT RI ke-72 tanggal 17 Agustus 2017 yang akan kita peringati bersama, olehnya saya minta semua instansi teknis yang terlibat wajib untuk kita sukseskan bersama” ujar Sekda Jeffry Korengkeng.

Sementara Kadispora Siby Sengke menyampaikan bahwa secara teknis pihaknya bersama semua penyelenggara telah siap menggelar Lomba Lari yang memperebutkan total hadiah sejumlah Rp 700 Juta ini.

Dikatakan Sengke, kegiatan ini akan dilepas oleh Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi pada hari Sabtu, 5 Agustus 2017 pukul 05.00 pagi di kompleks Benteng Moraya Tondano, dan mengharapkan kesediaan Gubernur Sulut Olly Dondokambey untuk menyerahkan hadiah-hadiah lomba kepada para juara lomba pada pukul 10.00 pagi di Lokasi Finish bersamaan dengan Pembukaan Festival Pesona Danau Tondano bertempat di Taman God Bless Minahasa Lapangan Sam Ratulangi Tondano.

“Peserta lomba lari Marathon ini akan melewati Desa-desa dan Kecamatan yang berada di pinggiran wilayah Danau Tondano. Sehingga semua masyarakat dapat menyaksikan momen langka yang berkualitas nasional ini” kata Sengke.

Sementara Ketua YKSD Mieke Tumurang mengatakan bahwa sebanyak ribuan peserta telah dipastikan akan mengikuti lomba yang sangat spektakuler di tahun 2017 ini.

“Bahkan para atlit lari dunia asal Etiopia, Kenya, Perancis, Malaysia China, Taiwan, Australia serta sejumlah atlit nasional lainnya telah menyatakan kesediaan untuk mengikuti kegiatan ini” urai-nya.

Dikatakan Tumurang bahwa lomba lari marathon telah mendapat pengakuan berupa sertifkat dari International Association of Athletics Federations (IAAF) dan Association of International Marathons and Distance Races (AIMS).

Diharapkan Tumurang agar semua peserta sudah siap di lokasi start kompleks Benteng Moraya Tondano pada pukul 05.00 pagi.

Sedangkan Kadis Budpar Agustivo Tumundo menambahkan bahwa di beberapa titik yang akan dilalui oleh para peserta lari marathon ini akan disajikan pentas dan atraksi seni dan budaya Minahasa oleh para para pelaku seni dan budaya di tiap Desa dan Kecamatan yang akan dilalui.

“Untuk menghibur para pelari yang juga para turis yang berkunjung ke Minahasa ini, kami juga sajikan pentas seni dan budaya Minahasa untuk menghibur mereka” tutup Tumundo. (herdymendur)

About Redaksi

Check Also

Kontroversi Kenapa Pemain Sesudah Juara Thomas Cup Masih Ikut Denmark Open

Oleh : Bert Toar Polii Sulutlink.com – Netizen banyak mempertanyakan kenapa para pemain Thomas Cup …