web analytics

Lomban Tandatangani MoU Pengelolaan TPA

mouWalikota Bitung Maximiliaan J Lomban menandatangani nota kesapahaman (MoU) besama Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Utara Steven Kandouw bertempat di Ruang Rapat Wakil Gubernur, Kantor Gubernur Provinsi Sulut, Rabu(28/9).

Lomban dalam kesempatan itu mengatakan bentuk kerja sama antara Pemerintah Provinsi Sulut dan Pemerintah kota Bitung adalah tentang Pembangunan dan Pengolahan TPA Regional.

“Bukan hanya kota Bitung saja, kabupaten/kota lainnya juga telah melakukan hal yang sama yakni kabupaten Minahasa, Minahasa Utara dan kota Manado.” ujar Lomban didampingi Kadis PU kota Bitung Rudy Teno.

Menurut Lomban, hal ini penting karena jumlah penduduk dari tahun ke tahun yang semakin meningkat menyebabkan bertambahnya timbunan sampah, sedangkan di sisi lain lahan penyediaan pengelolaan sampah (TPA) sangat terbatas.

“Kondisi inilah yang mendorong perlu adanya kerja sama regional dalam pengadaan dan pengelolaan TPA” jelas Lomban.

Lanjutnya lagi, seluruh pembiayaan kerja sama tersebut dibiayai sepenuhnya oleh Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI dengan total biaya diperkirakan sebesar 1,2 Triliun Rupiah.

Adapun rencana pembangunan TPA regional tersebut akan dibangun di Kabupaten Minahasa Utara, tepatnya di Kecamatan Wori, Desa Ilo-ilo dimana luas lahan yang nantinya disiapkan sebesar 25 Ha.

About Redaksi Sulutlink

Check Also

Bupati FDW Hadiri Pertandingan Partai Final Piala TP-PKK Minsel

Minahasa Selatan, Sulutlink.com – Bupati Minahasa Selatan Franky Donny Wongkar, SH bersama Wakil Bupati Minahasa …