web analytics

Lumapow : Desa Wajib Usulkan Program Unggulan di APBDes 2019

Minsel,Sulutlink.com – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Minahasa Selatan mendorong Pemerintah Desa untuk memasukan program potensi unggulan, di pengusulan Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) tahun anggaran 2019.

Kepala Dinas PMD Minsel Hendrie Lumapow kepada awak media mengatakan, sekarang ini pihaknya sedang melakukan evaluasi pada setiap Pemerintah Desa di Minsel, atas capaian pemanfaatan APBDes 2018 yang dibiayai oleh Dana Desa.

Menurutnya, evaluasi ini wajib dilakukan agar dapat dilihat capaian pemanfaatan dan penyerapan program kerja sebagaimana yang ditata masing-masing desa di ABPDes 2018.

Dijelaskannya, untuk pengajuan usulan APBDes 2019 ini, Pemerintah Desa diwajibkan memasukan program kegiatan unggulan dengan mengembangkan kreatifitas potensi yang ada di desa masing-masing.

“Harus ada kreatifitas dari para Hukum Tua, dengan melakukan gebrakan-gebrakan program unggulan di desa. Setiap desa bisa menelorkan satu kegiatan yang bisa menjadi booming berdasarkan ide dan inspirasi mereka,” ucap pamong senior ini penuh semangat.

Ditambahkannya, desa wajib memberdayakan potensi sumber daya alamnya, menjadi program unggulan yang bisa menjadi icon di desa tersebut dan dapat dikembangkan menjadi kegiatan home industri. (JoTam)

About Redaksi 1

Check Also

Meidy Tinangon Jadi Nara Sumber Pada Rapat Fasilitasi dan Pembinaan Penguatan Ideologi dan Wawasan Kebangsaan

  ” Demokrasi dan Wawasan Kebangsaan: Pemilu 2024 sebagai Sarana Integrasi Bangsa” Januari 27.2023.admin.karel tangka …