web analytics

Mahasiswa Thailand Antusias Pidato Berbahasa Indonesia

Sebanyak 14 orang mahasiswa Thailand mengikuti Perlombaan Pidato Bahasa Indonesia yang diadadakan oleh KBRI Bangkok setiap tahunnya. Bagaimana antusiasme mereka?

Para mahasiswa itu berasal dari berbagai perguruan tinggi di Thailand, termasuk Mahidol University, Thammasat University, Kasetsart University, Suranaree University of Technology, Universitas Naresuan dan Universitas Nakhonpathom Rajabhat. Jumlah peserta tahun ini lebih banyak jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

“Saya telah mimpi begitu lama untuk melihat Indonesia dengan mata kepala sendiri!” kata salah satu peserta, Mareeya Wu seperti disampaikan KBRI Bangkok dalam keterangan tertulis, Kamis (2/7/2016).

Mareeya adalah mahasiswi jurusan Ilmu Sosial di Mahidol University International College (MUIC), Bangkok. Dia mulai mengenal Bahasa Indonesia dari mahasiswa asal Indonesia yang sedang mengikuti program pertukaran pelajar satu semester di MUIC.

Ada tema besar di lomba pidato tahun ini, yaitu ‘Bahasa dan Budaya Indonesia’. Tujuannya adalah agar para kontestan dapat secara bebas mengekspresikan pemikiran dan gagasannya dalam pidato.

Tema utama dibagi menjadi empat sub-tema yaitu ‘Teman baru Saya dari Indonesia’,’Belajar Bahasa dan Budaya Indonesia’,’Peran Indonesia di Kawasan ASEAN’ dan ‘Moto Bhineka Tunggal Ika’. Lewat tema-tema ini, para peserta mendapat pengetahuan soal keragaman etnis, tradisi, bahasa, dan budaya Indonesia.

Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Bangkok, Dr. Yunardi mengatakan bahwa lomba ini diselenggarakan sebagai salah satu upaya untuk mempromosikan bahasa dan budaya Indonesia di kalangan masyarakat akademik di Thailand. Melalui acara ini, para mahasiswa Thailand tidak hanya berlatih keterampilan bahasa Indonesia, tetapi juga memiliki kesempatan untuk mengeksplorasi kekayaan budaya Indonesia.

Pemenang lomba ini pun akan mendapatkan hadiah berupa kesempatan langka. Mereka diundang untuk mengunjungi Jakarta dan Yogyakarta selama enam hari. Para pemenang juga akan memiliki kesempatan untuk menghadiri peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia di Istana Presiden pada 17 Agustus 2016. (detik)

4736ab17-7034-44e1-aa43-5763c251d694_169

About Echel

Check Also

Andrei Angouw Walikota Manado Genjot Vaksinasi Dosis Ke-2

Sulutlink – Wali Kota Andrei Angouw mengatakan, percepatan vaksinasi Covid-19 harus terus digalakkan apalagi Kota …