web analytics

MAMPUKAH APIP DI DAERAH MEMAINKAN PERANNYA

Inspektur daerah Kabupaten Minsel Adrie Keintjem,SH
Minsel,Sulutlink.com – Pasca penandatangan MoU tiga pimpinan lembaga negara (Mendagri, Kapolri dan Jaksa Agung RI) terkait penanganan dugaan penyimpangan kebijakan yang dibuat oleh pejabat dilingkup Pemerintah Kabupaten/ Kota, membuat mata publik mengarah pada kesiapan dari APIP (Aparat Pengawas Internal Pemerintah).

Rencana Pemerintah untuk lebih menggerakan dan mengfungsikan keberadaan APIP di daerah, tentunya akan sangat membantu menaikan nilai kepercayaan diri dan mental dari pejabat di lingkup Pemkab Minsel, dalam hal melakukan pengelolaan dan penyerapan anggaran.

Inspektur Kabupaten Minsel Adrie Keinjtem,SH ketika dimintai konfirmasi di kantornya Senin (3/12/2017) mengatakan dengan ditandatanganinya MoU teraebut tentunya ini akan ditindaklanjuti oleh Inspektorat Minsel.

“Sesudah adanya LHP BPK RI, maka 60 hari kedepan masih dirananya pemeriksaan APIP,” ucap Keintjem.

Dia juga menjelaskan, sesudah 60 hari maka akan dilakukan pertemuan dengan Kapolres dan Kejari sebagai APH (Aparat Penegak Hukum), untuk memilah mana yang patut diduga sebagai tindak pidana korupsi dan mana yang masuk rananya APIP.

Dikatakannya juga, setelah dugaan kasusnya dipilah maka akan kelihatan arah penanganannya masuk katagori tingkat kesalahan administrasi atau dugaan tindak pidana korupsi.

Yang pasti publik Minsel akan melihat, semampu apakah APIP memainkan peran dan fungsinya dalam melakukan pengawasan internal. (JoTam)

About Redaksi

Check Also

Apel Akbar Panji Yosua, James Sumendap SH. MH Sampaikan Olly Dondokambey Sebagai Kaisar Panji Yosua

Mitra – sulutlink.com – Apel Raya Panji Yosua – Panglima Panji Yosua Pria Kaum Bapa …