web analytics

Manado Koleksi 27,573 Ribu Pengangguran

FB_IMG_1505280110409MANADO,SULUTLINK- Angka pengangguran di Kota Manado ditahun 2017 ini mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Data yang diperoleh wartawan media ini, ditahun 2017 ini dari jumlah angkatan kerja sebanyak 193.134 ribu orang, sedikitnya ada 27,573 ribu orang menganggur karena belum memiliki pekerjaan. Sedangkan yang sudah bekerja ada 165.561 ribu orang.

Tak tanggung tanggung dari jumlah tersebut, 14 ribu orang yang bergelar sarjana masuk Kategori pengangguran karena minim keahlian yang dimiliki padahal seharusnya mereka mampu menciptakan lapangan kerja.

Menurut Kepala Dinas Tenaga Kerja Drs Nainggolan yang diapit Sekretaris Moody Monareh, angka pengangguran ini meningkat disebabkan karena, mereka kurang memiliki keahliaan (Skill) serta tidak ada peningkatan hasil produktifitas kerja.

“Memang angka pengangguran dari tahun 2015 sampai 2017 naik sebesar 9 persen,” ucap Nainggolan.

Lebih jauh katanya, untuk meminimalisir angka pengangguran ini maka kami Dinas Tenaga Kerja telah melakukan kegiatan Job Fair dengan melibatkan pengusaha dan pekerja serta melaksanakan kegiatan lain yang tentunya menunjang pengurangan angka pengangguran melalui pelatihan Disnaker.

“Ini juga dipicu banyaknya tamatan SMA dan SI yang mencari kerja sedangkan lapangan pekerjaan terbilang sangat kecil,”pungkasnya.

(ONAL GAMPU)

About Redaksi

Check Also

Berty Kapojos Sosialisasi Peraturan Daerah Provinsi Sulut Tahun 2022

Minut, Sulutlink.com – Anggota DPRD Provinsi Sulut Berty Kapojos, S.Sos, gelar kegiatan Sosialisasi Perda (Sosper) …