web analytics

Mandiri: Dibutuhkan Wirausaha Baru

young-entrepreunersKementerian Koperasi dan UKM ingin memajukan wirausah di Indonesia untuk menciptakan populasi UKM meningkat dari tahun ke tahun. Menurut Kementerian ini, tahun 2015, populasi UKM masih 1,65 persen dari total populasi Indonesia. Untuk mencapai katagore negara maju, dibutuhkan rasio 2 persen.

Jadi, untuk mencapai target tersebut, masih dibutuhkan minimal 50.000 wirausaha baru setiap tahun. Hal ini untuk mencapai tujuan pemerintah RI untuk menciptakan satu juta wirausaha baru dalam kurun waktu 2015-2019.

 

Melalui kompetisi Wirausaha Muda Mandiri (WMM) 2015, Bank Mandiri terus berupaya menciptakan wirausahawan muda yang mampu memberikan nilai tambah kepada masyarakat.

Acara yang telah digelar sejak tahun 2007 itu merupakan wujud dukungan Bank Mandiri terhadap perkembangan UMKM di Indonesia dan apresiasi terhadap generasi muda yang berani berwirausaha.

Kompetisi Wirausaha Muda Mandiri 2015 terbagi atas lima bidang usaha yaitu:

1.    Wirausaha Industri, Perdagangan, dan Jasa

Wirausaha yang menghasilkan produk manufaktur, pertanian, peternakan, perkebunan, perikanan, pertambangan, pengembang properti, perhutanan, tekstil serta usaha yang memberikan nilai tambah tanpa memproduksi barang antara lain toko, ritel, keagenan, distributor, konsultan, transportasi, perawatan kesehatan, pendidikan, penerbitan dan percetakan, laundry, travel biro, event organizer.

2.    Wirausaha Boga

Wirasaha yang memberikan nilai tambah dengan memproduksi dan atau memperdagangkan produk pangan antara lain industri pengolah makanan dan minuman, restoran, pemilik merk franchise makanan atau minuman, dan catering.

3.    Wirausaha Kreatif

Wirausaha berbasis pada kreativitas sesuai kategori dari Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif yaitu : Periklanan, Arsitektur, Pasar Barang  Seni, Kerajinan, Desain, Fesyen, Video, Film dan Fotografi, Permainan Interaktif, Musik, Seni Pertunjukan, Penerbitan dan Percetakan, Televisi dan Radio, serta Riset dan Pengembangan.

Untuk ketiga kategori di atas, peserta terbagi menjadi dua kategori yaitu:

–       Diploma & sarjana (usia maksimal 28 tahun)

–       Pascasarjana & alumni (usia maksimal 35 tahun)

4.    Wirausaha Teknologi

Wirausaha yang menciptakan produk dan layanan berbasis teknologi yang berfokus pada penciptaan inovasi teknologi terapan yang memiliki dampak bagi masyarakat luas. Terbagi atas dua kategori:

–       Digital

–       Non-Digital

Pada bidang ini, peserta diperbolehkan mengikuti kompetisi acara perorangan atau tim dengan batas usia maksimum 40 tahun.

5.    Wirausaha Sosial

Wirausaha berbasis pada praktik social enterprise dan pemberdayaan masyarakat untuk mengatasi masalah sosial yang timbul di masyarakat.Terbagi atas dua kategori:

–       Pariwisata & Kreatif

–       Pertanian & Kelautan

Pada bidang ini, peserta diperbolehkan mengikuti kompetisi acara perorangan atau tim dengan kisaran usia 21 – 40 tahun.

Penilaian peserta akan dilakukan dalam empat tahap. Penilaian dimulai dari administratif, dilanjutkan dengan survei lokasi, lalu masuk ke tahap penjurian wilayah, dan diakhiri dengan penjurian final (tingkat nasional). Tim juri terdiri dari perbankan (diwakili Bank Mandiri), media, pemerintah / asosiasi, kalangan akademisi / periset dan industri.

Jika Anda WNI, memiliki usaha yang berdomisili di Indonesia dan telah berjalan minimal satu tahun, ayo ikut program Wirausaha Muda Mandiri Tahun 2015. Ada hadiah tabungan Mandiri sebesar Rp 50 juta (termasuk pajak) untuk pemenang pertama dan Rp 40 juta (termasuk pajak) untuk pemenang kedua di setiap kategori.

Segera daftarkan diri Anda di www.wirausahamandiri.co.id sebelum 31 Desember 2015. Pendaftaran gratis! Untuk informasi lebih lanjut hubungi di 021- 5245681 / 5245878 atau follow Twitter @wrausahamandiri dan like Facebook Fanpage Wirausaha Muda Mandiri.

Sumber: Detik.com

About Redaksi Sulutlink

Check Also

Apel Akbar Panji Yosua, James Sumendap SH. MH Sampaikan Olly Dondokambey Sebagai Kaisar Panji Yosua

Mitra – sulutlink.com – Apel Raya Panji Yosua – Panglima Panji Yosua Pria Kaum Bapa …