web analytics

Mangga Damar Merah Minut jarang Di Dapat Dan Hampir Punah

Sulutlink.com – Minut.Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) memiliki hak paten terhadap 5 jenis holtikultura atau buah yakni salak pangu, nenas lobong kuning, nenas lobong emas, mangga dodol dan mangga damar merah.

Kelima jenis buah tersebut sudah ditetapkan sebagai varietas unggul nasional oleh Menteri Pertanian. Makanya jika ingin dikembangkan di daerah lain harus seijin pemerintah provinsi atau kabupaten/kota penerbit benih tersebut.

Di Minut sendiri, buah mangga damar merah ini pun terancam langka. Hal tersebut diakui oleh Kabid Holtikultura Dinas Pertanian, Jean Tamboto SP. “Mangga hutan (Mangga damar merah,red) ini memang hanya bisa dikembangkan di Minut terlebih khusus di wilayah Minawerot. Hanya saja, populasinya atau pengembangannya semakin berkurang setiap tahunnya,” ujar Tamboto kepada wartawan, Kamis (09/11/2017)

Diakuinya,petani buah di wilayah Minawerot sudah mulai malas mengembangkan produk varietas yang telah memiliki hak paten itu. Ini dikarena oleh beberapa faktor seperti lamanya produksi buah dari pohon mangga hingga pengaruh cuaca yang tidak menentu.

“Banyak petani buah di wilayah itu beralih ke tanaman buah lain,” imbuhnya.

Ia juga mengakui jika mangga damar merah ini pernah dikembangkan lewat pembibitan pada tahun 2007 silam.Namun tahun-tahun berikutnya sudah tidak lagi.”Tapi kami akan coba kembangkan kembali mangga damar merah ini karena memiliki nilai jual yang tinggi sehingga bisa membantu petani,” tutup Tamboto.(HanTam)

About Redaksi

Check Also

RDP KOMISI III DPRD SULUT BAHAS ASPIRASI KELUARGA SUMEISEY TERKAIT GANTI UNTUNG LAHAN DI MINUT

Manado, sulutlink.com – Pada hari Senin tanggal 3 Oktober 2022 Komisi III DPRD Sulut telah …