web analytics

Mantiri : Raskin Harus Tepat Sasaran

Bertempat di Ruang Rapat Lantai IV Kantor Wali Kota Bitung, Rabu 4 Mei 2016,  Wakil Walikota Bitung Ir. Maurits Mantiri memimpin Rapat Evaluasi Raskin. Selain menekankan bahwa Raskin harus tepat sasaran, Mantiri juga memberikan dorongan untuk setiap kelurahan yang belum melunasi pembayaran Harga Tebus Raskin pada Triwulan pertama ini. “Saya berharap supaya setiap kepala kelurahan mampu menguasai wilayah dan warganya. Dengan melakukan pendataan untuk setiap warga yang keberadaannya benar-benar di bawah garis kemiskinan, agar supaya penyaluran beras untuk orang miskin (Raskin) benar-benar tepat sasaran”, Ujar Mantiri.

IMG_4643Untuk Percepatan Program Penanggulangan Kemiskinan oleh Pemerintah Pusat, beliau memintakan kepada seluruh Camat dan Lurah yg hadir dalam rapat tersebut untuk dapat merubah mindset masyarakat tentang kemiskinan, kadangkala keadaan miskin hanya berupa perasaan seseorang untuk mendapatkan bantuan dari Pemerintah, ataupun program bantuan utk kemiskinan dirasakan bagi golongan masyarakat tertentu sebagai bentuk penghargaan dari Pemerintah, sehingga program penanggulangan kemiskinan tidak tepat sasaran.

Sementara itu, Kabag Perekonomian Andrias G. Tirayoh, SE menargetkan pada semester II tahun ini, penyaluran raskin akan berjalan lancar seperti biasa. Dalam laporannya, Tirayoh menyampaikan bahwa Penyaluran Raskin di Kota Bitung telah berjalan dengan baik sesuai Keputusan Gubernur Sulawesi Utara Nomor 17 Tahun 2016 tentang Penetapan Pagu Program Subsidi Beras bagi masyarakat berpendapatan rendah Kabupaten/Kota se- Provinsi Sulawesi Utara Tahun 2016. Dan Keputusan Wali Kota Bitung Nomor : 188.45/HKM/SK/21/2016 Tentang Penetapan Pagu Program Subsidi Beras bagi Masyarakat Berpendapatan Rendah Kota Bitung Tahun 2016, yang telah ditandai dengan Launching Raskin pada tanggal 18 Februari 2016 di Kantor Wali Kota Bitung. Penyaluran Raskin dilakukan sesuai dengan jadwal yang sudah dibuat oleh Tim Koordinasi Raskin Kota Bitung dengan mekanisme yang ada.

Dalam rapat ini juga dievaluasi pembayaran Harga Tebus Raskin (HTR) per Kelurahan. Dimintakan juga para Camat untuk proaktif mengevaluasi HTR Raskin kepada Lurah agar tidak terjadi piutang Raskin sehingga tidak menghambat penyaluran Raskin tiap bulan oleh Perum Bulog.

About Echel

Check Also

Bupati Minahasa Tenggara James Sumendap SH.MH Berikan Bonus Terhadap Pesrta Cabor Mitra

Mitra – sulutlink.com – Raih prestasi gemilang para atlet Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) dalam Pekan …