web analytics

MARI BEKING BAGUS TONDANO DIMULAI


Oleh : Bert Toar Polii
Pemkab Minahasa menyambut secara antusias gerakan peduli Tondano yang digagas oleh Alumni Smanto 170.1 dibawah pimpinan Irjen Pol. Carlo Tewu dan para anggota WAG Tondano Kinatoanku.
Gebrakan pertama adalah memperindah Kota Tondano dan sekitarnya dengan menanam pohon hias tabebuya di tepi jalan. Pohon hias ini dipilih karena melihat keberhasilan kota Surabaya yang telah melakukan ini beberapa tahun yang lalu dan sudah dinikmati masyarakat Surabaya saat ini terutama ketika berbunga.
Penanaman pohon hias tabebuya diawali dengan mengadakan dompet peduli Tondano yang rencana awalnya hanya akan menanam 800 pohon hias. Tapi tidak disangka antusias penyumbang membuat rencana awal berubah menjadi 1300 pohon dimana 1000 pohon dari dompet peduli Tondano dan 300 pohon lagi sumbangan dari Pemda Minahasa.
Selanjutnya dibentuk tim kerja untuk mewujudkan ini. Tim kerja yang terdiri dari Vreeke Runtu,Deithy Worek ,Jeff Mambu, Anetha Tilaar dan Dantje Mailangkay langsung bergerak cepat dan bekerja cerdas.
Pertama mereka melaporkan kegiatan ini kepada Bupati Minahasa Roy O Roring yang langsung memerintahkan Dinas terkait untuk segera membantu kegiatan ini.
Assisten 1 Pemkab Minahasa Denny Mangala dan Assisten 2 Wenny Talumewo , Kadis Koperasi Moudy Lontaan, Sekdis Pertanian-Elke Rambing serta Kabag Hubmas Maya Kainde langsung ditunjuk Bupati Minahasa untuk menangani ini.
Selanjutnya pohon hias langsung dipesan dan dikirim dari Surabaya. 1300 pohon hias Tabebuya yang setinggi 2-3 meter tiba dipelabuhan Bitung tanggal 18 Agustus kemudian diserahkan ke Pemkab Minahasa untuk penyesuaian sekitar 8-10 hari sebelum ditanam.
Tanggal 20 Agustus Pemkab Minahasa membuat apel kerja untuk mulai menggali lobang tempat penanaman di berbagai lokasi yang sudah ditetapkan dengan jarak sekitar 8 meter.
Ada beberapa lokasi utama yang ditetapkan untuk penanaman awal, Tataaran – Lapangan Sam Ratulangi, Gereja Sentrum – Tonsea Lama dan lain-lain.
Pada penggalian lobang pertama telah tergali sekitar 469 lobang dan kegiatan ini akan diteruskan.
Hari ini nanti sore, di Lapangan Sam Ratulangi Tondano pada pukul 15.30 WIT akan diadakan acara pencanangan pohon hias tabebuya yang digelar bersama antara Pemkab Minahasa, Alumni Smanto 170.1 dimana Ketuanya Carlo Tewu menyempatkan hadir pada acara ini serta tim kerja.
Selain itu akan digelar juga Lomba Tanam Bunga diadakan antar kelurahan di 4 kecamatan Tondano raya. Disediakan hadiah untuk pemenang di masing-masing kecamatan. Pemenangnya dinilai dari tanaman bunga di pinggir jalan; kemudian disediakan juga hadiah untuk pekarangan terindah di masing-masing kecamatan. Selain itu ada penghargaan khusus untuk rumah perorangan yang halamannya tertata baik di sepanjang kuala Tondano diluar hadiah untuk 4 kecamatan.
Jenis bunga yang dianjurkan untuk ditanam, tanaman hias yang berbunga, seperti fayes, kerkleli, Amarilys bougenvill/varigata dan mawar.
Agar sukses, Pemkab Minahasa akan memobilisasi Camat/Lurah.

About Redaksi Sulutlink

Check Also

Malonda: Mengerti Untuk Dimengerti, Mendengar Untuk Didengar, Memahami Untuk Dipahami

  Manado, sulutlink.com – Dalam untuk Persiapan Pengawasan Pemilihan Umum dan Pemilihan Kepala Daerah tahun …