Mari Bermain Sistim Standart (Bagian Ketiga )

Oleh : Bert Toar Polii

COMPETITIVE BIDDING:
Negative, responsive dan competitive double sampai 4D. Selain itu, double menunjukan values bukan penalty.
(1x)-Dble-(1y)-Dble = 4 kartu y dan ada values, 2y = 5y ini mencegah lawan psychic bid atau hanya dengan 4 kartu kecil. Ini sama dengan bid 2y kalau lawan sebelah kanan pass.
Game-try doubles dilakukan jika tidak ada space lagi untuk bid suit, contoh : 1S – Pass – 2S – 3H – Dbl = Game try.
Sesudah pembukaan 1M dan lawan ikut bid baik berupa takeout double atau overcall, 2NT adalah four-card limit raise or better ( Jordan sesudah double). Terhadap overcallAfter , a cue-bid three-card raise or better. Direct raises ke semua level adalah pre-emptive. New suit adalah natural dan forcing for one round, bukan game forcing. New suit di level tiga baru game-forcing,
Mirip dengan diatas, 2NT sesudak 1 major-suit overcall dari partner adalah four-card-limit raise or better, cue-bid adalah three-card raise. Namun apabila cue bid tidak bisa dilakukan dimana partner tidak bisa sign off di level rendah maka diganti dengan 2NT, contoh : (1S)-2H-(2S)-?
Semua jump shit pada kompetitive bida atau oleh tangan yang sudah pernah pass adalah fit showing.
Fit showing menunjukan ada dua suit minimal 9 kartu di warna yang di bid dan warna partner. Jadi misalnya partner buka 1S lawan overcall 2C kemudian kita jump 3H maka berarti pegangan kita adalah 5-4 atau 4-5 di warna H dan S. Atau contoh lain : 1D-(1H)-2S menunjukan 5+S/4+D tetapi non forcing. Untuk menunjukan FG bid . 1S-(2C)-3D iadalah limit raise atau bisa juga menjadi slam try dengan 4+S/5+D. Untuk yang hanya game gunakan. Khusus untuk passed hand, semua suit baru adalah fit-showing.
Sesudah pembukaan 1 m dan lawan overcall, 2NT adalah natural dan invitational. Cue-bid adalah limit raise or better, jump raises adalah pre-emptive, Bid new suits adalah forcing for one round kecuali di level tiga adalah FG.
Jumps di warna lawan adalah splinters.
Lebensohl berlaku ketika lawan ikut bid setelah kita buka 1NT atau overcall, setelah take out double lawan buka weak two termasuk double 2M ketika lawan buka Multi.
OVERCALLS:
2NT sesudah partner overcall major adalah invitational raise seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Sesudah overcall minor maka 2NT adalah natural and invitational dan cue-bid adalah limit raise or better. New suits adalah forcing for one round.
Weak jump overcalls, tapi Intermediate untuk tangan keempat.
Michaels cue-bids: 1m-2m = Majors. 1M-2M = oM plus a minor, 3C adalah p/c atau pass or correct, 2NT invitational plus (3m = minor dan weak, 3M = Menunjukan minor H untuk C dan S untuk D serta ada extra values.
DEFENSES:
Melawan pre-empts, takeout double berlaku dan untuk level dua menggunakan Lebensohl.
Sesudah pembukaan 2M/3M dan bid seperti ini (1M)-Pass-(2M), (1M)-Pass-(3M) dan (2M)-Pass-(3M): 4m = bid minor plus major yang lain dengan minimal distribusi 5-5. Kalau lawan suitnya diamond maka 4C = C+M, 4D = Majors. Kalau suitnya club, 4C = Majors, 4D = D+M.
Terhadap pembukaan weak notrump , double = penalties, 2C = majors, 2NT minors atau FG two-suiter, bid yang lain natural.
Terhadap pembukaan strong notrump , double = one minor atau both majors, 2m = bid minor plus a major, 2M natural, 2NT both minors atau FG two-suiter.
Terhadap pembukaan Strong Club: double = Majors, 1NT = minors. Pass kemudian bid menunjukan strong.

You must be logged in to post a comment Login