web analytics

May Day – Dilarang ke Bundaran HI, Buruh Menuju Monas

Massa buruh yang menggelar aksi Hari Buruh Sedunia atau May Day pagi ini, Minggu (1/5), langsung berkumpul di sekitar Istana Negara Jakarta. Polisi melarang massa buruh menggelar aksi di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta.

b203f42e-e174-40a6-8586-91b2b820b5ed_169Koordinator lapangan Federasi Serikat Pekerja Aneka Sektor Indonesia (FSPASI) Marleni mengatakan, ada perubahan rute aksi dari agenda semula. Awalnya massa aksi akan membuka peringatan May Day di Jakarta dari Bundaran HI menuju Istana Negara. Namun aksi jalan kaki atau longmarch dibatalkan.

“Kami dilarang aksi di HI, karena dari kepolisian meminta agar kami tidak menggelar aksi di Bundaran HI, ada Pergub car free day untuk masyarakat Jakarta,” ujar Marleni saat ditemui di Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat.

 

Buruh yang tergabung di FSPASI akhirnya melanjutkan perjalanan dari Jalan Imam Bonjol menuju Monas sebagai titik kumpul. Sebelumnya mereka telah menunggu di lokasi yang tak jauh dari Bundaran HI, untuk bersiap menggelar aksi.

Sebanyak sebelas bus mengangkut massa FSPASI sekira 650 orang. Mereka datang dari daerah Bogor, Bekasi, dan Jakarta sejak pukul 07.30 WIB.

Sementara kegiatan car free day tetap berjalan seperti minggu biasanya. Orang-orang lalu lalang, bersepeda, dan berolahraga seperti sediakala.

Setelah menggelar aksi di Istana, pada siang harinya, rencananya mereka melanjutkan perayaan May Day di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat. Di sana, mereka akan ikut mendeklarasikan organisasi embrio partai politik yang digagas oleh kaum buruh.

Dalam aksinya, mereka menuntut tiga hal utama. Pertama, penghapusan Peraturan Pemerintah Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan. Kedua, pemerintah diminta menghentikan kriminalisasi terhadap aktivis buruh yang melakukan protes atas kebijakan. Ketiga, pemerintah dituntut segera menghapuskan sistem kerja kontrak dan outsourcing. (CNN Indonesia)

About Echel

Check Also

Bupati Minahasa Tenggara James Sumendap SH. MH Berhasil Selesaikan Studi S2 Dan Di Wisuda Dengar Gelar Magister Hukum

Jakarta – sulutlink.com Hari yang penuh kebahagiaan bagi Bupati Minahasa Tenggara (Mitra) James Sumendap SH.MH, …