web analytics

Memahami Free Bid

Oleh : Bert Toar Polii


Sulutlink.com
– Salah satu situasi dalam penawaran atau bidding di bridge yang paling sering di bsalah pahami adalah Free Bid.
Free Bid sendiri dimaksudkan adalah situasi dimana anda tidak wajib bid tapi melakukannya.
Contoh yang paling sering dialami seperti ini :
Barat Utara Timur Selatan
1D Dbl 1H ?
Pada situasi ini baik timur maupun selatan tidak dipaksa bid. Timur bid 1H tentu saja menunjukan sesuatu yang pasti berbeda jika utara tidak melakukan double.
Bid 1H dari timur menunjukan, ia punya minimal 4 lembar H dan point minimal 5. Sebab dengan tidak ada point maka timur tidak harus bid cukup pass saja.
Sama halnya dengan selatan, jika ia bid 1S itu adalah free bid.
Perdebatan yang sering muncul, berapa point selatan untuk bisa bid 1S. Ada yang bilang minimal 7 HCP dan mungkin juga ada yang 10 HCP.
Untuk memahami ini mari kita lihat dasarnya. Dalam situasi ini kita tidak harus berdasarkan pada point semata. Karena dengan Barat opening 1D atau memiliki minimal 12 HCP dan Timur response 1H katakanlah minimal 5 HCP maka sudah tergambar dengan jelas bahwa Timur dan Barat memiliki minimal 17 HCP. Dengan demikian baik Utara atau Selatan terutama jika Selatan ikut bid akan mendapat gambaran dengan jelas mengenai pegangan utara.
Buat Selatan untuk ikut bid harus mempertimbangkan beberapa hal, yaitu :
1. Apakah suit yang akan di bid cukup bagus?
2. Apakah kedudukan HCP anda berada pada posisi yang tepat. Contoh : pegang HK tentu lebih baik daripada DK karena Barat buka 1D.
3. Pada level berapa anda ikut bid.

Suatu hal yang penting untuk diingat, situasi ini sudah hamper tidak ada kemungkinan slam, malah mungkin juga game. Jadi kita pada situasi ini akan berebut part score dan ini menjadi sangat penting karena yang paling sering kita hadapi di meja bridge adalah part score dibanding game atau slam.

Mari kita lihat beberapa contoh :
Barat Utara Timur Selatan
1D Dbl 1H ?

1. S KQ75
H 87
D 942
C 10863
2. S 10963
H 87
D 942
C KQ76

Pada pegangan no 1 anda bisa bid 1S karena suit anda bagus dan cukup untuk free bid di level satu. Berbeda dengan no 2 suit spade anda tidak bagus jadi pass adalah pilihan yang tepat.
3. S KJ876
H 872
D 94
C 865

Walaupun hanya 4 HCP tapi anda boleh melakukan free bid 1S karena pegang 5 kartu. Inilah yang disebut kedudukan HCP anda tepat karena patner take-out double menjamin minimal 3 kartu S. Ingat point di partner suit jauh lebih berharga disbanding point di warna lawan.

Barat Utara Timur Selatan
1D Dbl 1S ?

1. S 543
H AJ965
D 1043
C J2

2. S 543
H A10765
D Q43
C 92

Ini dua pegangan yang mirip. Pada contoh satu anda bisa melakukan free bid 2H. Suit heart yang bagus dan mungkin CJ akan bermanfaat.
Berbeda dengan pegangan no, 2 dimana point DQ itu point di warna lawan.

About Redaksi 2

Check Also

Inilah Yang Perlu Diketahui Orang Tua Tentang Varian Delta Terhadap Anak-anak

Sulutlink.com – Varian Delta sangat menular dan terus menyebar, banyak orang tua yang khawatir tentang …

Leave a Reply