web analytics

Mengenal World Bridge Team Championship (WBTC), Piala Dunianya Bridge

Oleh : Bert Toar Polii


Sulutlink.com
– Cabang olahraga bridge mempunyai event yang mirip dengan Piala Dunia untuk olahraga sepak bola.
Event ini dinamakan World Bridge Team Championship.
Ketika sepakbola baru merencenakan untuk menggelar Piala Dunia dua tahun sekali, bridge sudah lama melakukannya.
World Bridge Team Championship kejuaraan paling tinggi ratingnya ini digelar dua tahun sekali setiap tahun ganjil.
Betapa pentingnya event ini terlihat nyata saat terjadi Pandemi Covid-19. Sejak tahun 2020 semua event kejuaraan dunia cabang olahraga bridge dibatalkan dan baru akan dimulai lagi tahun 2022.
Otomatis seharusnya World Bridge Team Championship yang sedianya berlangsung tahun 2021 dibatalkan.
Namun itu tidak terjadi, World Bridge Federation tetap akan menyelenggarakan The 45th World Team Championship 2021 namun diadakan pada tahun 2022.
Keputusan ini membuat untuk pertama kalinya di tahun yang sama berlangsung dua kejuaraan dunia.
Event yang diadakan pada tahun ganjil ini dimulai di Bermuda tahun 1950 mempertandingkan nomor open team memperebutkan Bermuda Bowl. Selanjutnya pada tahun 1974 ditambah 1 nomor lagi untuk woman team memperebutkan Venice Cup.
Pada tahun 2021 ditambah lagi nomor senior team memperebutkan d’Orsi Senior Bowl dan terbaru tahun 2019 ditambah Mixed Team memperebutkan Wuhan Cup.
Selain 4 event utama ini ada juga World Transnational Open Teams (WTOT) yang dimulai tahun 1997.

Bermuda Bowl, Venice Cup, d’Orsi Senior Bowl dan Wuhan Cup khusus untuk tim nasional, masing-masing Terbuka, Wanita, Senior dan Campuran, peserta mewakili mewakili negara mereka sendiri dan harus lolos dari seleksi delapan Zona WBF yang telah ditetapkan kuotanya.
8 zone WBF ini yang sering membingungkan banyak orang karena tidak berpatokan melulu pada benua kecuali Zone Eropa dan Afrika serta Australia dan sekitarnya. Amerika terbagi 3 Zone, Asia terbagi 2 zone.
Nah dari 8 zone ini diberikan kuota berdasarkan jumlah anggota, prestasi yang diraih dan lain-lain.
Saat ini Zone Eropa mendapat jatah 8 kuota atau 8 negara , Zone Amerika Utara mendapat 4 kuota dimana 2 untuk Amerika Serikat. Amerika Serikat satu-satunya negara yang mendapat keistimewaan bisa mengirimkan dua wakil. Sampai saat ini tidak ada yang protes karena patut diakui Amerika Serikat memiliki anggota terbanyak dan sangat teratur organisasinya serta dihuni banyak sekali pemain top.
Kemudian Zone Amerika Tengah dan Karabia 2 wakil dan Zone Amerika Selatan 2 Wakil. Zone Australia dan Afrika masing-masing 2 wakil sedangkan zone VI Asia timur 3 wakil dan Asia tengah 2 wakil.
Dengan demikian ada 24 negara yang akan mengikuti event ini termasuk tuan rumah.
Seleksi untuk menentukan wakil Zone VI baru saja usai Desember lalu dan Indonesia mewakili nomor Woman dan Mixed Team.
Senior team yang berada di peringkat 4 masih berpeluang ikut jika ada 2 negara yang berhalangan hadir. Karena sesuai aturan jika ada 1 negara berhalangan maka diganti wakil dari Zone Eropa dan jika ada 2 negara diganti dari Zone VI.
Semuanya nanti akan ketahuan setelah penutupan pendaftaran 31 Januari 2022.
Dua Kejuaraan Dunia yang diselenggarakan tahun 2022 adalah :
• The 45th World 2021 Bridge Team Championships (Bermuda Bowl, Venice Cup, d’Orsi Seniors Trophy, Wuhan Cup & World National Teams Trophy) di Salsomaggiore Terme, Italy 27 Maret – 9 April 2022.
• The 16th World Bridge Series (Rosenblum Cup, McConnell Cup, Rand Cup, Mixed Teams & Open. Women, Seniors, Mixed Pairs) di Wroclaw, Poland 19 Ahustus – 3 September 2022

Namun karena pandemic covid-19 maka pada tahun ini event World Transnational Open Teams (WTOT)tidak diadakan karena peserta hanya dibatasi yang ikut The 45th World 2021 Bridge Team Championships tidak boleh ada tambahan peserta lain.

Sebagai gantinya diadakan World NBO Team Trophy.
Secara lengkap ini penjelasan World Bridge Feferation di lamannya tentang keputusan ini :
Dengan sangat menyesal, mengingat situasi Covid 19 dan berbagai isu yang muncul sebagai akibatnya, diputuskan untuk membatalkan World Open Transnational Teams pada kesempatan ini.

Namun, Trofi Tim NBO Dunia akan diperkenalkan sebagai gantinya, hanya diperuntukkan bagi tim yang tidak lolos ke tahap KO dan tim yang tidak lolos Semifinal WBTC.

Piala Dunia Tim NBO akan berlangsung pada minggu kedua, mulai pukul 10.00 pagi pada hari Senin tanggal 4 April. Formatnya adalah Swiss Team dimana semua peserta yang mengikuti 4 Kejuaraan dunia akan .

Swiss biasanya dimainkan sebagai pertandingan 10 papan (5 per hari) selama 15 babak kualifikasi (150 papan). Perempat Final dan Semifinal akan dimainkan pada hari Kamis 7 April, keduanya di 32 papan/pertandingan (dua sesi 16). Final (48 papan/pertandingan – 3 sesi 16) & Play-off
(2 sesi 16) akan dimainkan pada hari Jumat 26 Agustus.

Acara BAM akan diselenggarakan pada tanggal 7 dan 8 April untuk tim yang tidak lolos ke tahap KO dalam acara ini. Hadiah akan diberikan kepada tim pemenang dalam acara ini.

Medali & MP WBF akan diberikan untuk Piala Tim NBO Dunia. Selain itu, medali akan diberikan untuk tim pemenang dari empat kategori Terbuka, Wanita, Senior & Campuran.

About Redaksi 2

Check Also

Response 2C Over One Major Opening

Oleh : Bert Toar Polii Sulutlink.com – Terhadap pembukaan one major saat ini sedang menarik …

Leave a Reply