web analytics

Mengintip Kinerja Dan Pelayanan Publik di Samsat Manado

Manado, Sulutlink.com – Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) atau One Roof System, adalah suatu sistem administrasi yang dibentuk untuk memperlancar dan mempercepat pelayanan kepentingan masyarakat yang kegiatannya diselenggarakan dalam satu gedung.

Pemerintahan OD – SK sangat mendorong agar pola pelayanan publik di Kantor Samsat Manado, untuk lebih mengarah pada efisiensi waktu, dengan sistim birokasi yang pendek serta lebih memudahkan aktifitas dan kenyamanan dari wajib pajak.

Kepala UPTB Manado Junita Laloan saat ditemui di ruangan kerja, Kamis (22/11/2018) mengatakan, pihaknya sangat berkomitmen untuk menciptakan kenyamanan aktifitas kegiatan dari para wajib pajak di Kantor Samsat Manado.

Ditambahkannya, berdasarkan ketersediaan anggaran demi untuk menciptakan kenyamanan, pihaknya memberikan servis ekstra kepada setiap wajib pajak dengan menyajikan cemilan ringan.

Bahkan para wajib pajak akan diberikan edukasi oleh petugas, tentang alur penyiapan berkas lengkap untuk kepentingan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Pajak Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB).

Dijelaskannya, terget pajak daerah 2018 di UPTB Manado Rp.294 miliar dan terhitung sampai hari ini capaian target realisasi pajak daerah, sudah masuk dikisaran angka Rp.263 miliar.

Gubernur Sulut Olly Dondokambey melalui program pro rakyat, mengambil langkah kebijakan melakukan pemberian keringanan dan pengurangan pajak daerah untuk masyarakat di Sulut.

Ini diberlakukan mulai 19 November sampai dengan 31 Desember 2018, untuk pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Pajak Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB).

Berikut kualifikasi keringanan pajak diberikan untuk :

Pajak Kendaraan Bermotor.
1. Kendaraan bermotor yang terkena bencana alam, rusak wajib melampirkan surat keterangan dari bengkel/Lurah/ Kades.
2.Kendaraan bermotor yang dilelang,  yang dilaksanakan oleh Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan lelang.

Pajak Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB).
1.BBN – KB yang mutasi masuk ke Provinsi Sulut diberikan pembebasan  pokok sebesar 100 persen.
2.BBN – KB tahun pembuatan 2016 kebawah diberikan keringanan dan pengurangan 50 persen serta bebas denda 100 persen untuk penyerahan kedua dan seterusnya.(JoTam)

About JoTam

Check Also

Pelaku Penikaman di Bitung Ditangkap Setelah Buron Tiga Hari

Kotamobagu, Sulutlink.com – Tim Resmob Polres Bitung di-back up Satreskrim Polres Kotamobagu mengamankan pelaku penikaman …