web analytics

Merespons Arahan Presiden, Walikota Manado Rapat Dengan Instansi Terkait

Manado, sulutlink.com
Walikota Manado DR, Ir G. S Vicky Lumentut M.si, DEA langsung bergerak cepat untuk menanggapi arahan presiden. GSVL menggelar rapat dengan DPRD, Forkopimda (Forum Kordinasi Pimpinan Daerahdan instansi terkait lainnya menggunakan video conference.(30/3)


GSVL membahas langkah yang akan diambil untuk mencegah penyebaran Covid-19 di kota Manado. Dalam rapat tersebut, dihadiri pihak-pihak yang terkait serta satgas Covid-19 dan jajaran pemkot Kota Manado.
GSVL berpendapat, keputusan yang akan diambil oleh Pemkot Manado nantinya, akan berdasar dari keputusan Pemerintah Pusat, peraturan dan perundangan yang berlaku.


Walikota Manado juga sudah mendengar beberapa pendapat masyarakat Kota Manado yang mengusulkan agar pemerintah Kota Manado melakukan karantina wilayah. Aspirasi tersebut akan dipertimbangan kan secara matang sehingga tidak menimbulkan permasalahan lainnya.


“Saya sangat memahami dan setuju keselamatan masyarakat Manado di atas segalanya. Tapi Jangan sampai karantina wilayah menimbulkan masalah baru nantinya,” sebut GSVL


Pemkot Manado akan serius dalam menerapkannya. Yang akan dizinkan masuk adalah logistik bahan pokok, Alat kesehatan, dan kebutuhan penting lainnya yang berkaitan dengan penangan Covid-19. Orang yang akan masuk akan di isolasi terlebih dahulu selama 14 hari. Infrastruktur akan disiapkan. Dan juga akan melarang warga kota Manado untuk bepergian keluar Wilayah.


Karena itu GSVL berharap agar masyarakat Kota Manado dapat Memahami kenapa Pemkot Manado belum menerapkan Karantina Wilayah.


Keputusan Karantina wilayah itu adalah wewenang Pemerintah Pusat. Karena itu, Pemerintah Pusat meminta ke pemerintah daerah untuk melakukan pergeseran anggaran yang tidak penting dialihkan ke penangan Covid-19 . Hal ini sedang dibahas bersama dengan pihak legislatif tentang mekanismenya agar nanti tidak terjadi kesalahan prosedur.


Kalau soal pergeseran anggaran untuk penangan covid-19 kita ikut aturan yang disampaik mendagri. Saya juga akan berkordinasi dengan pemerintah pusat mengenai program pelonggaran cicilan selama setahun bagi pelaku usaha UMKM, pengusaha transportasi,driver taksi,ojek online dan lainnya.saya juga berharap instruksi presiden ini akan segera diterapkan,” tegas GSVL

Walikota menilai, sejauh ini setelah penerapan social distancing, perekonomian di Kota Manado menurun. Di sisi lain, GSVL bangga dengan hal ini karena masyarakat Kota Manado menuruti Instruksinya.

” Ini semua menjadi tanggung jawab kita bersama. Kita pasti bisa melawan covid-19.Karena itu masyarakat kota Manado harus terus disiplin untuk tetap melakukan socia distancing. Saya mengucapkan terima kasih atas masukkan Bapak/Ibu, kiranya apa yang kita bahas bisa memberikan dampak positif bagi masyarakat Kota Manado untuk Penangan covid-19,” tutup Walikota.

About Redaksi Sulutlink

Check Also

Akhirnya Satgassus Maleo Berhasil Tangkap Oknum JGF (60), Pelaku Curas di Money Changer Bahu Manado

  Sulutlink. com – Dilansir Humas Polda Sulut – Satgassus Maleo Polda Sulut berhasil mengamankan …