web analytics

MJP: Kedua Ranperda Disabilitas dan Sampah Plastik Bulan September Sudah Pada Tahap Finalisasi dan Sinkronisasi

MELKY J. PANGEMANAN

Manado, Sulutlink.com – Setelah melewati tahap paripurna dewan perwakilan rakyat (DPRD) provinsi sulawesi utara (sulut) pada hari Senin, 24/5/2021, kedua Ranperda Usul Prakarsa DPRD telah disetujui menjadi Prakarsa DPRD yakni; Ranperda tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Penyandang Disabilitas dan Ranperda tentang Pengendalian Sampah Plastik.

Melalui Wakil Ketua BAPEMPERDA DPRD Sulut Melky J. Pangemanan menyatakan sangat optimis kedua ranperda ini bisa di tetapkan menjadi Peraturan Daerah (Perda) di tahun 2021 ini.

“Saya sangat optimis Rancangan Peraturan Daerah Prakarsa DPRD Sulut tentang Perlindungan dan Pemberdayaan  Penyandang Disabilitas dan Rancangan Peraturan Daerah tentang Pengendalian Sampah Plastik, bisa ditetapkan menjadi Perda ditahun 2021 ini,” ungkap Melky, Selasa (25/5) diruang kerjanya.

Lanjut Melky mengatakan tahapan selanjutnya adalah mengajukan draft kedua Ranperda tersebut ke bapak Gubernur Sulut melalui Biro Hukum,” tandasnya.

“Dan selanjutnya, sekitar bulan Juni 2021 nanti, akan dibentuk Panitia Khusus Pembahas kedua Ranperda ini,” harap Melky dengan yakin.

” Dapat dipastikan Pembahasan Pansus akan mulai dilaksanakan pada awal bulan Juli nanti. Jadi sekitar dua bulan ke depan, akan terus didorong Pembahasan Pansus dengan tim ahli dan OPD terkait,  sekaligus kemungkinan dua kali konsultasi ke Kemendagri.”

“Saya yakin, isi pasal-pasal draft dimana Ranperda itu tidak akan terlalu banyak perubahan tapi juga untuk  masukan-masukan dalam pembahasan nanti,  tetap akan diakomodir dan di terjemahkan oleh tim ahli”.

Ya saya yakin bulan September nanti kedua Ranperda ini sudah pada tahap Finalisasi dan sinkronisasi.” tandasnya.

“Kita tinggal mengatur waktu sampai ke penetapan Ranperda diketuk DPRD Sulut menjadi Peraturan Daerah, karena target BAPEMPERDA DPRD Sulut adalah melahirkan kedua produk hukum ini,” pungkas MJP. edit: adm2.kst

About DeProS Red

Check Also

Kasus LKD di UNSRAT, Kasie Pidum Ryan Untu Hadirkan Lima Saksi

Manado, Sulutlink.com – Persidangan kasus dugaan pencemaran nama baik, yang menyeret terdakwa DR MLMP alias …