web analytics

Mononimbar : 4 Daerah Ini Telah Menerbitkan E-KTP WNA

Minsel,Sulutlink.com- Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia diketahui telah menerbitkan E-KTP WNA di 4 (empat) Provinsi masing-masing Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Bali.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Minsel Drs.Corneles Mononimbar kepada awak media mengatakan, aturan terkait penerbitan kartu identitas untuk Warga Negara Asing (WNA) ini, tertuang dalam pasal 63 dan 64 Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 Tentang Administrasi Kependudukan.

Menurutnya, untuk Kabaputen Minsel belum ada pengajuan perekaman E-KTP dari WNA dan ini walaupun diperbolehkan melalui UU, namun harus melalui proses yang cukup panjang.

Ditambahkannya, diijinkannya pengajuan pengurusan perekaman E-KTP bagi WNA, sebenarnya lebih terarah untuk mempermudah WNA dalam mengurus berbagai perizinan di Indonesia.

“Ada tiga poin yang membedakan E-KTP WNI dan WNA. Masa berlaku KTP WNA terbatas hanya 5 tahun dan tidak memiliki hak mengikuti Pemilu serta dikolom agama, status, pekerjaan menggunakan bahasa Inggris,” ucap pejuang pendiri pembentukan Kabupaten Minsel.

Diakui Corneles Mononimbar, di Minsel pihaknya sampai saat ini, belum pernah melakukan perekaman dan mengeluarkan E-KTP bagi WNA. (JoTam).

About Redaksi 1

Check Also

Bupati Minahasa Tenggara James Sumendap SH.MH Berikan Bonus Terhadap Pesrta Cabor Mitra

Mitra – sulutlink.com – Raih prestasi gemilang para atlet Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) dalam Pekan …