web analytics

Musrenbang RKPD Kota Tomohon Tahun 2016

Pemerintah kota Tomohon melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) melaksanakan musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) rencana kerja pembangunan daerah (RKPD) Tahun 2016, diaula kantor Walikota Tomohon rabu (30/3).

musrembang tomohonWalikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak saat membuka kegiatan tersebut berharap rencana kerja pembangunan daerah (RKPD) Tahun 2017 yang nantinya akan dibahas bersama-sama dengan anggota DPRD Kota Tomohon, akan memberikan hasil yang positif bukan hanya kepada beberapa orang saja tetapi bagi banyak orang, oleh karena itu kita semua harus bersatu hati membulatkan tekat untuk bersama-sama membangun Kota Tomohon menuju lebih baik, “semoga musrenbang saat ini akan memberikan nilai positif bukan hanya pemerintah tapi untuk seluruh masyarakat kota Tomohon. “Saya mengimbau agar program dan kegiatan yang akan kita laksanakan terutama secara teknis yang bersentuhan dengan masyarakat, harus mempertimbangkan outcome positif bagi lebih banyak kalangan masyarakat, Ucap Eman.

Sementara itu Wakil Walikota Tomohon Syerly Adelyn Sompotan dalam sambutannya mengatakan RKPD merupakan dokumen perencanaan pembangunan tahunan yang disusun untuk menjamin keterkaitan dan konsistensi antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan dan pengawasan. “Kami berharap tujuan dan sasaran program dan kegiatan tiap SKPD yang tertuang dalam Renja SKPD nantinya disusun untuk mewujudkan visi misi pembangunan lima tahun kedepan seperti tertuang dalam RPJMD Kota Tomohon tahun 2016-2021 yang pada saat ini sedang dalam tahapan penyusunan rancangan awal RPJMD, kata Sompotan. Diuraikannya sasaran pembangunan yang ingin dicapai pada akhir tahun 2017 yakni pelaksanaan pembangunan infrastruktur yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan sosial budaya dan ekonomi, pertumbuhan ekonomi sebesar 7,00 %, serta penurunan angka kemiskinan menjadi dibawah 6,25 %. Lebih lanjut dikatakannya perlu adanya peningkatan koordinasi lintas SKPD sampai pada proses penyusunan APBD Tahun depan, dan APBD Tahun 2017 ini tentunya menyesuaikan dengan proses perencanaan dan penganggaran yang ada dan menjadi salah satu aspek utama pencapaian kinerja pemerintah kota Tomohon dalam menerapkan prinsip-prinsip good governance. “Apresiasi kepada seluruh jajaran pemerintah Kota Tomohon atas segala capaian positif yang telah kita hasilkan bersama pada tahun lalu terutama dalam pelayanan publik dan tata kelola administrasi, namun keberhasilan yang dicapai pada tahun lalu kiranya tidak membuat kita menjadi lalai terhadap pencapaian visi misi pembangunan ditahun selanjutnya, “kiranya capaian yang baik ini menjadi penyemangat bagi kita semua untuk mencapai hasil yang lebih baik lagi dimasa yang akan datang, tandas Sompotan.

Saat bersamaan Kepala UPTB Balai Litbang BAPPEDA Provinsi Sulut Drs Hendrik Rondonuwu MSi mengatakan sesuai pasal 258 UU No 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah dijelaskan daerah melaksanakan pembangunan untuk peningkatan dan pemerataan pendapatan masyarakat, kesempatan kerja, lapangan berusaha, akses dan kualitas pelayanan publik serta daya saiing daraeh. “Tujuan pemerintahan daerah sesuai UU NO 23 Tahun 2014 tentang pemerintahan daerah bahwa penyelenggaraan pemerintahan daerah diarahkan untuk mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarkat melalui peningkatan pelayanan publik, pemberdayaan masyarakat, peran serta masyarakat serta daya saing daerah, kata rondonuwu.
Kesempatan yang sama Kepala BAPPEDA Kota Tomohon Ir Enos Pontororing MSi dalam laporannya mengatakan maksud kegiatan ini adalah pelaksanaan salah satu tahapan dalam penyusunan Renja SKPD dan penyusunan RKPD, selain itu untuk membahas rancangan RKPD. “Sasaran dari penyelenggaraan musrenbang ini adalah menyempurnakan dokumen rancangan RKPD sehingga menjadi dasar perumusan rancangan akhir RKPD Kota Tomohon Tahun 2017, jelas Pontororing.

Disela kegiatan dilaksanakan penandatanganan berita acara musrenbang oleh beberapa kepala SKPD dan perwakilan lima kecamatan. Hadir dalam kegiatan para unsur Muspida masing-masing Kapolres AKBP Monang Simanjuntak, Dandim 1302 Minahasa diwakili perwira penghubung Mayor Inf Masgen Abas, mewakili Kajari Tomohon kepala intelejen Wilke Rabeta SH, para anggota DPRD Kota Tomohon, para kepala SKPD termasuk para camat dan lurah se-Kota Tomohon, unsur BUMD dan BUMN di Kota Tomohon, tokoh agama dan masyarakat.

IMG_9543

About Echel

Check Also

Sekretaris DPRD Sulut Sandra Moniaga dan Jajarannya, Gerak Cepat Salurkan Bantuan Makanan Siap Saji Bagi Warga Terdampak Bencana Pasca Banjir di Manado

  Januari 27.2023.admin: karel tangka   Sulutlink.com – Sekertaris DPRD Sulut Sandra Moniaga dan Jajarannya …