Sejumlah Negara Sahabat Nyatakan Siap Bantu Pencarian KRI Nanggala-402

doc.cnn

Manado, Sulutlink.com – Hilangnya Kapal Selam KRI Nanggala di perairan Bali menyita perhatian dunia. Sejumlah negara sahabat menyatakan siap untuk mengerahkan bantuan untuk membantu pencarian kapal selam yang dinyatakan hilang tersebut.

Sebagaimana dilansir CNNIndonesia sejumlah negara secara terbuka menyatakan siap membantu, diantaranya :

Pemerintah Australia melalui Menteri Luar Negeri Marise Payne menyatakan siap mengerahkan personel dan kapal untuk membantu pencarian KRI Nanggala-402.

Sedangkan Menteri Pertahanan Singapura, Ng Eng Hen, menyatakan mereka mengirim kapal penyelamat MV Swift Rescue untuk membantu penyelamatan.

Angkatan Laut Malaysia (TLDM) juga mengirim kapal penyelamat kapal selam MV Mega Bakti untuk membantu pencarian KRI Nanggala-402.

India juga mengerahkan bantuan untuk mencari KRI Nanggala-402. Mereka mengirim kapal yang dilengkapi wahana bawah air (DSRV) dan sistem pelacak Side Scan Sonar yang bisa mendeteksi benda hingga 1.000 meter di bawah laut. Selain itu, DSRV itu juga bisa dikendalikan dari jarak jauh.

Korea Selatan menyiagakan personel dan kapal angkatan laut jika sewaktu-waktu akan dikirim untuk membantu pencarian KRI Nanggala-402. Sebab, KRI Nanggala-402 pernah diperbaiki di galangan kapal di Korsel dan selesai pada 2012 silam.

(edit:ryn)

You must be logged in to post a comment Login