web analytics

Nixon Rorong : Cap Tikus Komoditi Andalan Desa Talaitad Utara

HT Nixon Rorong

Minsel,Sulutlink.com – Desa Talaitad Utara Kecamatan Suluun Tareran yang memiliki penduduk 698 jiwa dari 220 kepala keluarga, dikenal sebagai salah satu wilayah sentra produksi minuman khas orang Minahasa “Cap Tikus” yang menjadi komoditi andalan perekonomian masyarakat.

ternyata bukan hanya petani “Cap Tikus” yang diuntungkan dalam putaran ekonomi ini, tapi juga masyarakat luas yang berprofesi pedagang eceran dan penampung mendapat manfaat ekonomi atas produksi minuman dari pohon enau ini.

Hukum Tua Desa Talaitad Nixon Rorong ketika dimintai konfirmasi Sabtu, (9/9/2017) mengatakan, pembuatan minuman khas orang Minahasa Cap Tikus atau yang lebih dikenal dengan minuman Sopi, telah menjadi komoditi andalan selain kopra dan cengkih.

“Pembuatan minuman cap tikus sudah turun temurun dilakukan oleh petani dan dari hasil tersebut petani dan masyarakat di Desa Talaitad Utara, dapat menghidupi ekonomi keluarga bahkan telah menopang perekonomian Desa,”ucap Rorong.

Lanjut Rorong petani lebih condong memilih memproduksi minuman cap tikus dari pada memproduksi  gula aren (gula batu), karena kalau memproduksi gula aren banyak menyita waktu dari petani.

“Proses membuat gula aren banyak menyita waktu petani, sedangkan membuat minuman cap tikus tidak banyak sita waktu. Kalau sudah selesai ba tifar, petani dapat kerjakan kegiatan lain di kebun,” ujar Hukum Tua yang sedang gencar promosikan wisata air terjun.

Nixon Rorong berharap agar industri pembuatan cap tikus dapat diperhatikan Pemerintah Daerah dengan sentuhan dana bantuan dan yang paling pokok diharapkan minuman cap tikus dapat dibuatkan Perda.(JoTam)

About JoTam

Check Also

DPRD PROVINSI SULUT – PEMPROV SULUT TANDATANGAN KUA-PPAS APBD TAHUN ANGGARAN 2023

Manado, Sulutlink.com-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dan Pemprov Sulut tanda tangan …