web analytics

Nouke Paat Prihatin Kerusakan Situs Budaya Waruga di Kabupaten Minut

Minut, Sulutlink.com – Masyarakat Sulawesi Utara dibuat kaget dengan kejadian semena – mena yang berakibat rusaknya sejumlah situs budaya Waruga, yang terletak di negeri Kinaangkoan dan Pinandeian tepatnya di antara Desa Kawangkoan dan Kuwil Kecamatan Kalawat Kabupaten Minahasa Utara.

Berbagai protes dan kritikan tajam datang dari pegiat adat di Sulut yang diarahkan kepada Pemkab Minahasa Utara dalam hal ini Dinas Pariwisata, yang dinilai ceroboh dan mengabaikan kearifan lokal (ritual adat) saat akan melakukan evakuasi pemindahan situs budaya Waruga, yang lokasinya terkena dampak pembangunan waduk Kuwil.

Nouke Paat tokoh masyarakat Sulut yang juga sebagai pegiat adat saat dimintai konfirmasi Sabtu, (28/7/2018) menilai, terjadinya kerusakan atas situs budaya Waruga harus disikapi serius oleh Pemkab Minut dan juga para tokoh adat yang yang memberi rekomendasi menandatangani pemindahan lokasi.

“Yang harus dipikirkan saat ini, adalah bagaimana secepatnya dapat memperbaiki kerusakan sebagaimana sesuai prosodur yang ada. Namun ini juga tidak mengabaikan permintaan pertanggung jawaban kepada Dinas Pariwisata dan para tokoh adat yang menandatangani rekomendasi pemindahan lokasi,”saran bakal calon anggota DPD RI Sulut yang diusung mewakili suara lembaga adat di Sulut.

Keberadaan tokoh adat yang menandatangani pemberian rekomendasi persetujuan pemindahan lokasi situs budaya Waruga tersebut, juga harus dipertanyakan.

Dirinya juga, merasa prihatin dengan kerusakan menimpa sejumlah situs budaya Waruga, yang merupakan peninggalan peradaban budaya masyarakat Minahasa tempo dulu.

Dia menilai, Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah masih belum berpihak secara serius terkait pemberian perlindungan dan pemeliharaan terhadap situs – situs budaya yang ada di Sulawesi Utara.

Dia berharap, dengan majunya dirinya mendaftarkan sebagai salah satu kandidat bakal calon anggota DPD – RI mewakili keterwakilan adat Sulut di KPU, kiranya mendapat dukungan masyarakat, agar nantinya dalam memperjuangkan kepentingan adat dan budaya serta kearifan lokal yang ada di Sulut dapat lebih didengar oleh Pemerintah.(JoTam)

 

About JoTam

Check Also

Wagub Steven Terima Audiensi PT JMB

Manado – Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Steven O.E Kandouw menerima audiensi PT Jasamarga Manado …