web analytics

Pakpahan Ingatkan Jokowi Untuk Kembali Pada Trisakti

Manado,  Sulutlink.   Prof. Mochktar Pakpahan Ketua Umum Serikat Buruh Sejahterah Indonesia (SBSI)  angkat bicara terkait 3 Tahun berkuasanya Presiden Jokowi dan Jusuf Kala, yang menurutnya telah menyimpang dari Trisakti.

Kritikan tajam seorang Mochktar Pakpaham untuk Jokowi terkait kondisi Perburuhan saat ini yang menurutnya tidak lebih baik dari pemerintah sebelumnya, disampaikan pada Rakerwil SBSI Sulut yang ditutup (28/10) tadi malam, di Sahid Kawanua Hotel Manado.

Salah satu indikator menurutnya adalah : Tingkat pengangguran tidak berkurang dari angka 7.2 Juta penduduk produktif, atau masih sama angkanya saat awal kepemimpinan Jokowi – JK 3 Tahun silam.

Kemudian, salah satu amanat Trisakti ” Berdikari Dalam Ekonomi ” pada kenyataannya,  kekayaan alam Indonesia justru dialihkan pengelolaannya pada Negara Cina baik Permodalannya,  Teknologi hingga pada pemanfaatan Tenaga Kerja semua dari Cina.

Sehingga ini dikatakannya sebagai bentuk pelanggaran terhadap Trisakti yang dulunya dikuasai Barat kemudian beralih ke Cina, yang membuat buruh Indonesia tidak menikmati investasi yang masuk di Indonesia.

Point penting lain dari janji Jokowi adalah akan membentuk  pemerintahan yang ramping,  profesional,  nontraksasional dan bersih.  Tetapi kenyataannya, terjadi sebaliknya.

Dicontohkan,  Mentri Tenaga Kerja Mohamad Hanif Dhakiri,  yang disebut Pakpahan sebagai mentri terparah dalam Kabinet Kerja Jokowi – JK.

Menaker Dahkiri dinilai tidak paham masalah Tenaga Kerja dan kurang  wawasan kondisi yang berkembang ditingkat kebijakan Internasional seperti aturan ILO  dan kebijakan Ekonomi global saat ini.

Sehingga diharapkan Presiden harus melakukan kajian terhadap mentri-mentri yang menjadi sumber problem gantinya sebagai problem solver, yang didasarkan pada profesinalisme dan nontransaksional antar Partai Politik. ( jansen)

 

About Redaksi 2

Check Also

Forum Pimpinan DPRD Se Sulut, FAS: Dipercayakan Sebagai Pimpinan Perlu Terus Mengupgrade Pola Pikir

  Manado, Forum Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) se Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) kembali digelar. …