web analytics

Pantai Surabaya Bagian Kawasan Khusus Pariwisata Di Minut.

Sulutlink.com – Minut. Desa Wineru, Kecamatan Likupang Timur, adalah bagian dari kawasan khusus Pariwisata yang nantinya akan mendapatkan bantuan, baik itu dari kabupaten maupun dari Provinsi, dan tidak menutup kemungkinan dari pusat, asalkan pemerintah setempat mampu bersinergi dengan pemerintah provinsi, dalam hal ini Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey, dan Bupati Kabupaten Minahasa Utara, Vonie Anneke Panambunan. Hal ini dikatakan oleh Kadis Pariwisata Minahasa Utara Theodora Luntungan Rabu (26/07/2017).

“Ini akan menjadi bukti dengan akan masuknya akses jalan penunjang pariwisata di wilayah Likupang Timur, jalan selebar 30 meter serta jalan-jalan masuk daerah wisata yang akan dibiayai dari APBD Minahasa Utara dikawasan ini.  Selain itu, beliau juga menyampaikan bahwa peran serta Pemerintah Desa diperlukan.” Tutur Luntungan.

Hukum Tua Zubair Papunggo mengatakan, dalam pengembangan Pantai Wisata Surabaya tentu sangat dibutuhkan sarana penunjang pariwisata juga harus dimaksimalkan untuk menjawab tantangan ini.

IMAG0170

“Untuk mensukseskan program, pemerintah Desa Wineru sudah jauh-jauh hari mengalokasikan anggaran lewat APBDES  dalam  penataan  dan pengembangan pantai wisata tersebut. Tahun ini, desa mengalokasikan total anggaran 643.721.146 juta yang diperuntukan untuk pembuatan kios desa sebanyak  60 unit serta sarana pendukung lainya yang nantinya akan dikelola secara professional oleh  BumDes. Bahkan tahun depan, alokasi anggaran dari Dana Desa akan mereka genjot juga dalam pengembangan pantai wisata tersebut, “ ungkap Papunggo.

Hal yang sama juga dipertegas oleh pendamping Desa dari kecamatan Likupang Timur, Irvan Tutupo yang pada kesempatan yang sama melakukan sosialisasi 4 program Kemendes yang juga menitik beratkan pada pengembangan  Bumdes.

Tutupo menambahkan, “Dimana adanya Bumdes desa, bisa mendapatkan PAD Desa yang tentunya sangat bermanfaat bagi masyarakat desa itu sendiri, jika dikelolah secara baik dan benar.“ kuncinya.

IMAG0165

Sementara itu Anggota DPRD Saverius Prasetio mengatakan, jika Desa Wineru akan dijadikan Kawasan Khusus Pariwisata, alangkah lebih baik keindahan Pantai Surabaya diatur sedemikian rupa sehingga dapat menarik kunjungan turis Mancanegara mulai dari–Sarana air bersih, tempat jual makanan, dan sarana lainnya, untuk mendapatkan Bumdes serta menambah penghasilan masyarakat setempat. (Herman)

About Redaksi

Check Also

Rizya Ganda Ajak Seluruh Stakeholder di Minut Cegah dan Atasi Stunting

Minahasa Utara , Sulutlink.com – Ketua TP-PKK Kabupaten Minahasa Utara (Minut) Rizya Ganda Davega menegaskan …