web analytics

DPRD Sulut Gelar Paripurna Buka dan Tutup Masa Persidangan I dan II Tahun 2021, Silangen: Tingkatkan Performa Yang Baik

On April 21 2021

Menyanyikan Lagu Indonesia Raya

Ketua DPRD Sulut, dr. Fransiscus Andy Silangen yang di dampingi Wakil Ketua Victor Mailangkay, dan Wakil Ketua Billy Lombok saat buka rapat paripurna mengawali dengan mengucapkan, selamat menjalankan ibadah puasa bagi umat Muslim di Sulawesi Utara.

Ketua Dewan Saat Membuka Rapat Paripurna

“Izinkanlah saya atas nama rekan-rekan pimpinan dan seluruh anggota DPRD Sulut mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa di bulan suci ramadan 1442 H bagi seluruh umat Muslim yang ada di Sulawesi Utara. Lewat momentum ini saya mengajak mari  memperkuat jalinan silaturahmi dan kebersamaan serta mempererat ikatan antara kita,  sebagai modal utama dalam pelaksanaan pembangunan di provinsi Sulut,” ucap Silangen, Senin (19/4) siang,  bertempat di ruang paripurna DPRD Sulut.

Silangen mengingatkan kembali,  di suasana menjalani ibadah  puasa ini kita selalu memanjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa,” ucapnya

Tak lupa Silangen mengungkapkan kebesaran Tuhan sambil menyatakan,  Atas rahmat dan anugerah-Nya kita masih diberikan kehidupan serta kesehatan di tengah-tengah berhadapan dengan pandemi Covid-19 yang sampai pada saat ini masih melanda seluruh dunia, melanda bangsa dan negara termasuk Sulut yang kita cintai,” ungkap Silangen.

Disisi lain mengutip pernyataannya, Silangen mengapresiasi kinerja anggota DPRD karena tetap menjaga performa maksimal dalam melaksanakan tugas-tugas kedewanan selama masa persidangan pertama, antara lain saat menyerap aspirasi masyarakat, mengawal dan mengawasi kinerja pemerintahan daerah serta melakukan pengawasan atas pelaksanaan peraturan daerah  walaupun masih menghadapi situasi pandemi Covid-19.

Ketua DPRD Menyampaikan Sambutan Singkat

Pantauan media sulutlink.com Silangen berpesan,  bahwa dalam rangka memasuki masa persidangan yang kedua nanti,  saya berharap performa yang baik ini dapat semakin ditingkatkan dan kita perlu mengingat pada diri masing-masing bahwa kita adalah representatif masyarakat.

“Kita berada di sini karena telah dipilih dan dipercaya oleh masyarakat sebagai penyambung lidah, untuk menyampaikan aspirasi dan keinginan masyarakat. Karena pada sisi lain, kita dituntut untuk menjadi teladan dalam perkataan dan tindakan, karena kita adalah representatif rakyat,” ujarnya.

Harapan itu bukan sampai disitu saja. Silangen menekankan dan meminta untuk terus menjaga sikap, sebagai pejabat publik, dimana kita di percayakan,  untuk banyak yang diharapkan oleh rakyat. 

“Marilah kita terus berbenah diri dan meningkatkan performa kinerja kedewanan kita sehingga kita terus memperjuangkan setiap aspirasi masyarakat, guna menjawab setiap permasalahan yang ada di masyarakat sebagai bentuk tanggung jawab moral atas kepercayaan dan amanah yang telah diberikan kepada kita,” tandas Silangen.

Dikesempatan yang sama,  juga Silangen menyatakan kebanggaannya,  dan DPRD Sulut memberikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw beserta seluruh jajaran pemerintah provinsi Sulut yang tetap menunjukkan hasil kinerja maksimal dan telah menjalankan roda pemerintahan, terutama di tengah kondisi Covid-19 yang terjadi saat ini.

Kehadiran Pejabat Birokrat dan Stakeholder

“DPRD sebagai mitra strategis pemerintah provinsi Sulut  yang sepenuhnya mendukung, serta siap sedia memberikan rekomendasi yang solutif terhadap berbagai persoalan melalui upaya serta kebijakan pembangunan yang dilakukan oleh Bapak Gubernur dan Wakil Gubernur di Sulut,  khususnya upaya penanganan dan pencegahan pandemi Covid-19,  serta mendorong penguatan kebijakan pemulihan ekonomi pasca terjadinya pandemi,” tuturnya

Suasana berlangsungnya Rapat Paripurna

DPRD  mendorong pemerintah provinsi Sulut untuk berinovasi dan berkreasi meskipun di tengah tantangan dan halangan dari berbagai sisi sekaligus mengajak kepada pimpinan dan anggota DPRD Sulut untuk terus mengingatkan kepada seluruh masyarakat, selalu mewaspadai dan berhati-hati dengan ancaman bibit badai siklon tropis sehingga menyebabkan cuaca ekstrem yang terjadi akhir-akhir ini,” imbau Silangen.

“DPRD berharap pemerintah daerah kabupaten dan kota, dapat  menyusun langkah-langkah taktis mitigasi bencana dalam mengatasi potensi-potensi bencana yang bisa terjadi sewaktu-waktu,” tandas Silangen

Ketua DPRD Sulut Fransiscus Andy Silangen membacakan rangkaian rapat paripurna dengan mengundang secara bergilir Alat Kelengkapan Dewan (AKD).

Mochamad Wongso Komisi I

Fraksi-Fraksi di DPRD, Badan Pembentukan Peraturan Daerah serta Badan Kehormatan, dilanjutkan dengan penyampaian laporan tertulis pelaksanaan reses I tahun 2021 di dapil masing-masing; Dapil Kota Manado, Dapil Minahasa Utara, Dapil Bitung, Dapil Minahasa Tomohon, Dapil Minahasa Selatan dan Minahasa Tenggara, Dapil Nusa Utara, dan Dapil Bolaang Mongondow Raya

Sjenny Kalangi Komisi II

Sementara itu, Gubernur Sulut Olly Dondokambey menyampaikan apresiasi atas kinerja DPRD Sulut karena telah menunjukkan eksistensi pemenuhan tugas dan tanggung jawab sebagai wakil rakyat ditengah pandemi covid-19

Gubernur Olly mengemukakan,  pemerintah dan rakyat Sulut sampai saat ini berbangga karena para pimpinan dan segenap anggota DPRD Sulut senantiasa konsisten menunjukkan eksistensi pemenuhan tugas dan tanggung jawab sebagai bagian dari komponen pembangunan bangsa khususnya di Bumi Nyiur Melambai,” kata Dondokambey.

Sambutan Gubernur Sulut Olly Dondokambey

Gubernur Olly juga mengakui kemampuan DPRD Sulut  dalam hal menjalin koordinasi dan sinergitas yang positif dengan pemerintah Sulut, yang selalu mengawal pencapaian visi dan misi pembangunan daerah, termasuk menghadapi tantangan pandemi Covid-19.

Gubernur Olly berharap sepanjang  kegiatan pada tahun 2020 itu setidaknya akan menjadi masukan bagi DPRD Sulut untuk bersama dengan pemerintah daerah menyusun langkah strategis rencana kerja dan rencana kebijakan kedepan sehingga seluruh kebutuhan dan aspirasi masyarakat dapat terakomodasi dan ditindaklanjuti oleh pemerintah daerah,” sambungnya.

Lebih lanjut  gubernur Olly Dondokambey menyatakan bahwasanya,  melalui aspirasi masyarakat  tentu tidak dapat dipungkiri bahwa pemerintah daerah maupun DPRD Sulut masih memiliki berbagai kekurangan dan keterbatasan yang menyebabkan tidak semua kebutuhan dan keinginan masyarakat dapat terpenuhi sehingga kemudian senantiasa perlu disusun dengan mempertimbangkan aspek disparitas  kebutuhan dan kemampuan kapasitas pemerintah daerah.

Guna memenuhinya ini, adalah menjadi persoalan bagi pemerintah provinsi Sulut di tahun 2020, APBD pemerintah provinsi Sulut dengan digelarnya kegiatan pilkada, yang ada kurang lebih 353 miliar. Saat APBD dialokasikan untuk kegiatan pilkada, tiba-tiba terjadi Covid-19, kita diwajibkan untuk semua kegiatan-kegiatan yang direncanakan di rekofusing untuk menangani pandemi Covid-19,” pungkasnya (Adve.April.2021). Edit: Karel Tangka

About DeProS Red

Check Also

Berty Kapojos Sosialisasi Peraturan Daerah Provinsi Sulut Tahun 2022

Minut, Sulutlink.com – Anggota DPRD Provinsi Sulut Berty Kapojos, S.Sos, gelar kegiatan Sosialisasi Perda (Sosper) …