web analytics

Paripurna DPRD Tomohon, Wawali Catat Kepala SKPD Tidak Hadir Dan Tinggalkan Ruang Sidan

Wakil Walikota Tomohon Syerly A. Sompotan menghadiri paripurna ini yang dilaksanakan di Kantor DPRD kota Tomohon dan di pimpin langsung oleh Ketua DPRD Ir. M. Wenur.

Wawali sebelum membacakan sambutan Walikota Tomohon menyampaikan kepada Sekretaris Daerah DR. Arnold Poli, SH.MAP untuk dapat mencatat nama-nama kepala SKPD yang tidak mengikuti paripurna pembahasan saat ini, terlebih untuk para kepala SKPD yang hadir namun langsung meninggalkan ruang sidang paripurna sebelun paripurna dimulai. “ Hal ini akan saya sampaikan kepada Bapak Walikota terkait ketidak hadiran para kepala SKPD dan yang meninggalkan ruangan tanpa alasan.” ungkap wawali.

Selanjutnya sambutan Walikota Tomohon Jimmy F. Eman, SE.Ak yang dibacakan oleh Wakil Walikota Tomohon Syerly A. Sompotan menyampaikan ucapan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada pimpinan dan anggota dewan yang telah memberikan pemandangan umum fraksi terhadap laporan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2015. Segala tugas yang sangat penting tersebut adalah dalam rangka memulaikan proses pembahasan terhadap laporan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2015. Untuk itu, kami tak lupa menyatakan salut dan bangga kepada segenap pimpinan dan anggota dewan yang terhormat atas apresiasi yang telah ditunjukan terhadap ranperda yang telah kami ajukan sehingga pada hari ini boleh melangkah ke tahapan selanjutnya.

Seperti kita ketahui bersama, pertanggungjawaban pelaksanaan anggaran pendapatan dan belanja daerah, berupa laporan keuangan pemerintah daerah kota tomohon tahun anggaran 2015, telah diaudit oleh badan pemeriksa keuangan republik indonesia dan mendapat predikat wajar tanpa pengecualian (WTP). Dengan demikian sudah tiga (3) kali berturut-turut pemerintah dan masyarakat menyandang gelar bergengsi di bidang pengelolaan keuangan dan ini karna anugerah tuhan melalui kerja keras, kerja cerdas dan kerjatuntas warga masyarakat kota tomohon bersama lembaga eksekutif, legislatif, yudikatif serta pers sebagai pilar ke-empat pembangunan daerah dalam peran masing-masing yang maksimal.

Meski demikian, kami menyadari bahwa pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2015 ini belum sepenuhnya dapat memenuhi harapan semua pihak. Ada kegiatan yang belum dapat dilaksanakan secara optimal, tapi kami akan terus melakukan usaha pembenahan dan perbaikan kapasitas serta kompetensi agar penyelenggaraan pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan dapat diwujudkan sebagai pelayanan prima kepada masyarakat kota tomohon.

Beliau menambahkan, kami pemerintah akan melaksanakan program reformasi birokrasi sebagai proses perubahan struktur organisasi yang menyangkut perubahan sikap dan tingkah laku seluruh jajaran aparat pemerintah, guna menghadirkan tata kelola pemerintahan yang baik sesuai dengan prinsip-prinsip good governance dan clean government, dan dalam kepemimpinan kami selang periode visi-misi 2016-2021 kami telah menetapkan 7 program prioritas yang di konkritkan dalam program dedicated yang menjadi program unggulan walikota dan wakil walikota yang disebut emas tomohon yaitu:

E     e-government (7 kegiatan prioritas)

M    mengubah wajah kota (7 kegiatan prioritas)

A     akselerasi pembangunan (37 kegiatan prioritas)

S     smart city services (17 kegiatan prioritas)

Program ini merupakan legitimasi janji kampanye kami yang sudah disampaikan pada masyarakat waktu yang lalu dan akan dijadikan dasar penyusunan rencana pembangunan jangka menengah daerah (rpjmd) kota tomohon. Saya berharap peran 4 pilar pembangunan yakni eksekutif, legislatif, yudikatif dan pers sebagai kontrol bagi kesejahteraan masyarakat tomohon, akan terus nyata dalam mengawal visi-misi kota tomohon 2016-2021. Apalagi dalam waktu dekat ini kita akan menggelar iven beskala internasionalTomohon International Flower Festifal pada tanggal 8-12 agustus nanti yang sudah pasti butuh peran dari lembaga legislatif sebagai wakil rakyat untuk mengangkat citra kota tomohon di mata dunia.

 

Diakhir sambutannya Wawali atas nama pihak eksekutif  sangat menghargai perhatian dan keseriusan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Tomohon dalam melakukan pembahasan dan pengkajian terhadap laporan pertanggungjawaban APBD, yang hasilnya telah dituangkan lewat pemandangan umum fraksi. Dan dalam pemandangan umum fraksi tadi berbagai catatan strategis telah disampaikan dimana hal tersebut merupakan wujud tanggung jawab konstitusional yang dilandasi niat baik dan semangat kebersamaan untuk mendorong peningkatan kinerja eksekutif diseluruh sektor dan bidang serta menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada segenap anggota DPRD kota tomohon, dan segala masukan serta usulan perubahan terhadap laporan pertanggungjawaban apbd dimaksud akan kami terima sebagai bahan masukan dalam pembahasan selanjutnya dan hasilnya akan kami sampaikan lewattanggapan secara tertulis  dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Segala catatan-catatan dan saran, pendapat, kritikan objektif yang proporsional dan konstruktif dalam materi pemandangan umum fraksi-fraksi ini akan kami jawab secara tertulis serta akan dibahas dalam rapat-rapat pembahasan, baik antara komisi-komisi dengan SKPD terkait maupun banggar dprd dengan T.A.P.D.  Kepada masing-masing SKPD saya berharap dapat menindaklanjuti catatan pemandangan umum fraksi sebagai bahan evaluasi untuk kemajuan pengelolaan keuangan ditahun yang akan datang.

Paripurna ini dihadiri oleh seluruh pejabat pemerintah kota Tomohon para camat dan lurah.

untitled untitled2 untitled1

About Echel

Check Also

Masyarakat Kelurahan Winenet Dua Aertembaga Kota Bitung Hadiri Sosper Anggota DPRD Sulut Johny Panambunan

Bitung, sulutlink.com – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Johny Panambunan …