web analytics

Paripurna Penyerahan LHP BPK-RI Atas LKPD T.A 2021, Sekaligus Penyerahan Ikhtisar Hasil Pemeriksaan Daerah Tahun 2021


Manado, sulutlink.com – Rapat Paripurna dipimpin langsung oleh Ketua DPRD dr. Fransiscus Andi Silangen, Sp.B, KBD, Jumat (13/5/2022) diruang Paripurna DPRD Provinsi Sulut.

Pantauan media, Hadir langsung pada rapat paripurna, Gubernur Olly Dondokambey/Wakil Gubernur Steven Kandouw, Pimpinan DPRD, Anggota VI BPK-RI, serta Forkopimda dan Undangan lainnya.

Ketua DPRD Fransiscus Andi Silangen didampingi Wakil Ketua Johanes Mailangkay dan Wakil Ketua Billy Lombok serta anggota dewan lainnya saat berlangsungnya paripurna.

Awal sambutan, Ketua DPRD menyalami Anggota VI BPK-RI Dr. Pius Lustrilanang, S.IP., M.Si., CFrA., CSFA, Gubernur Sulut, Wagub Sulut, dan para undangan lainnya.

 

Ketua DPRD Sulut Fransiscus Silangen,
mengemukakan bahwa akuntabilitas dan disiplin penggunaan keuangan negara harus menjadi komitmen bersama.

 

Kita ketahui hari ini (Jumat 13 Mei 2022) berkaitan dengan itu BPK-RI, akan menyerahkan LHP atas Laporan Keuangan Pemerintah Provinsi Sulut tahun anggaran 2021 sekaligus penyerahan Ikhtisar hasil pemeriksaan daerah provinsi Sulut tahun 2021.” ucap Silangen.

 

Dikatakan ketua DPRD, momen ini merupakan wujud dari kerjasama antara BPK-RI Perwakilan Provinsi Sulut sebagai aparat pengawas yang bebas dan mandiri bersama DPRD sebagai pengemban fungsi pengawasan, juga diberi hak menindaklanjutinya sesuai ketentuan peraturan perundang – undangan yang berlaku,” tandasnya.

Berkenan dengan hal itu, atas nama pimpinan dan anggota DPRD, kami menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada BPK-RI melalui anggota VI BPK-RI DR Pius Lustrilanang, S.IP dan Auditor Utama Keuangan Negara VI DR. Dori Santosa, SE yang berkenan mengagendakan penyerahan LHP dan Ikhtisar hasil pemeriksaan daerah,” ucap Silangen.

Pantauan media sulutlink.com – tampak adanya sesi penandatanganan berita acara serah terima dan penyerahan LHP/IHPD tahun 2021 secara berurutan;

Penandatanganan berita acara serah terima dan penyerahan IHPD tahun 2021 kepada DPRD Provinsi Sulut;

 

Penyerahan LHP BPK-RI atas laporan keuangan Pemerintah Daerah Provinsi Sulut tahun anggaran 2021 oleh anggota VI BPK-RI Kepada Ketua DPRD serta Gubernur Sulut.

Dilanjutkan dengan penyerahan Ikhtisar hasil pemeriksaan daerah provinsi Sulut oleh anggota VI BPK-RI kepada Ketua DPRD serta Gubernur Sulut.

Usai penandatanganan berita acara serah terima, dan penyerahan LHP/ IHPD, Anggota VI BPK RI, Dr Pius Lustrilanang SIP MSi CSFA CFrA yang didampingi Auditor Utama Keuangan Negara VI Dr Dori Santosa SE MM CSFA CFrA dan Kepala BPK Perwakilan Sulut Karyadi SE MM Ak CA CFrA CSFA dalam sambutannya mengatakan, BPK memberikan opini wajar tanpa pengecualian (WTP) kepada Pemprov Sulut.

“Pencapaian opini WTP ini adalah yang kedelapan kali berturut‐turut bagi pemerintah provinsi sulut” ucapnya.

Dijelaskannya, pemeriksaan keuangan tidak dimaksudkan untuk mengungkapkan adanya penyimpangan (fraud) dalam pengelolaan keuangan.

“Tapi, pemeriksaan terhadap laporan keuangan bertujuan untuk memberikan opini tentang kewajaran penyajian laporan keuangan,” jelasnya.

Meski demikian lanjutnya, jika pemeriksa menemukan adanya penyimpangan, kecurangan atau pelanggaran terhadap ketentuan perundang-undangan khususnya yang berdampak pada adanya potensi dan indikasi kerugian negara, maka hal ini harus diungkap.

Antara lain, pengelolaan pajak dan retribusi yang belum tertib, pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) masih perlu perbaikan terutama dalam hal masih ditemukannya beberapa realisasi BOS tidak sesuai dengan aturan yang berlaku dan keterlambatan penyelesaian pekerjaan dan adanya kekurangan volume pekerjaan yang terjadi setiap tahun.

 

Selain melaksanakan pemeriksaan LKPD, BPK juga menyerahkan LHP Long Form Audit Report (LFAR), yaitu melakukan pengujian atas efektivitas upaya pemerintah daerah menanggulangi kemiskinan di 2021 pada Pemprov Sulut dan instansi terkait lainnya.

“Pemeriksaan kinerja ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pemeriksaan LKPD yang dilaksanakan dalam upaya memberikan nilai tambah dan manfaat kepada masyarakat atas Laporan Hasil Pemeriksaan LKPD yang diterbitkan BPK,

Sehingga diharapkan pemerintah tidak hanya akan mengejar opini WTP terkait penyajian laporan keuangan, tetapi juga akan terdorong untuk mengelola sumber daya yang ada semaksimal mungkin,” tandasnya.

Sambutan Gubernur provinsi Sulut Olly Dondokambey yang didampingi Wakil Gubernur Steven Kandouw saat paripurna, mengapresiasi sinergitas yang terbangun antara DPRD Sulut dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, yang membuahkan hasil terbaik melalui Opini BPK-RI atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Sulut tahun 2021, Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Kendati demikian, sekalipun pandemi Covid-19 melanda selama 2021 hingga saat ini, tak menyurutkan semangat dan sinergitas terhadap penyelenggaraan pemerintahan daerah provinsi Sulut dan pengelolaan keuangan daerah yang baik dan transparan dan akuntabel.

Sejumlah kebutuhan besar dan bersifat mendadak di luar rencana sebelumnya juga harus tetap diatasi sehingga dapat menjaga predikat Opini WTP di masa pandemi menjadi lebih menantang.

Oleh karena itu, sulut meraih predikat Opini WTP, hal itu diperuntukkan bagi kesejahteraan seluruh masyarakat dan pemangku kepentingan (stakeholder) karena telah berkolaborasi bersama jajaran pemerintah provinsi Sulut dalam mewujudkan pemerintahan yang akuntabel.

Gubernur Olly juga menyampaikan apresiasi terhadap kontribusi BPK-RI yang telah membimbing proses pelaporan di jajaran Pemerintah Provinsi Sulut sehingga mampu menghasilkan Opini WTP.

Dengan semangat opini WTP, Gubernur mengajak jajaran pemerintahan provinsi untuk mampu menjaga apa yang diraih bersama bahkan terus bergerak melakukan pembenahan atas pengelolaan keuangan daerah sebagai pertanggungjawaban konstitusional kepada negara dan moral kepada rakyat.

Gubernur Olly menghimbau segenap komponen pembagunan, untuk terus menjaga sinergitas serta tetap jalin kerjasama dalam melaksanakan program dan kegiatan pembagunan daerah demi mewujudkan visi 2021-2026 menuju sulut semakin hebat, maju dan sejahtera menjadikan Sulut sebagai pintu gerbang indonesia ke Asia Pasific,” pungkas Gubernur Olly. (KST).

About DeProS Red

Check Also

Masyarakat Kelurahan Winenet Dua Aertembaga Kota Bitung Hadiri Sosper Anggota DPRD Sulut Johny Panambunan

Bitung, sulutlink.com – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Johny Panambunan …