web analytics

Pasca Kebakaran Pasar Cita di Pusat Kota Bitung, Tinggal Menyisahkan Puing dan Kesedihan

Terlihat rasa kesedihan korban dan tampaak sejumlah warga tenga membersihkan puing-puing pasca kebakaran di Pasar Cita Bitung, Sabtu 4/3/2017 (Foto.bjl)

Sulutlink.com – Bitung, Puing – puing bara yang telah padam tampak berserakkan pasca kebakaran yang terjadi di Lorong MM Pasar Cita pusat Kota Bitung, jumat (3/3/2017) pagi lalu. Tampak pula puluhan kios hanya tersisah dinding beton menghitam yang hampir runtuh dan jelas menorehkan sesak kesedihan mendalam dari para korban..

Sesuai pantauan team sulutlink di lokasi, sabtu 4/3/2017 sore, tampak sejumlah warga tengah membersihkan puing-puing sisa kebakaran. Dalam kejadian ini dipastikan si jago merah telah melahap 18 kios yang terletak di Kelurahan Bitung Timur, Lingkungan II, Kecamatan Maesa itu dan kerugian ditafsir mencapai ratusan juta rupiah hingga lebih.

Seperti yang dirasaakan Safrin (39) salah satu korban, pemilik usaha tambal ban serta sembako ini menderita kerugian hingga puluhan juta rupiah. “Semua musnah, dari televisi, kulkas hingga barang -barang kecil. Sudah tidak punya uang simpanan dan asuransi,” keluhnya.

Tidak sampai disitu, Fahrid (27) tukang tambal ban yang bekerja di bengkel ban tersebut, mengalami luka bakar serius di sebagian badannya akibat tersambar api yang dipicu karna adanya tumpahan bensin. Korban yang saat itu langsung dilarikan ke RS Budi Mulya dan kemudian dirujuk ke RS Kandouw – Malalayang, Manado.

17121747_1878038395744860_1735965091_o
Posko bantuan dari Pemkot Bitung. (Foto.bjl)

Sebelumnya, Walikota Bitung Maxi Lomban telah datang berkunjung di lokasi kejadian jumat kemarin kemudian sabtu pagi ini Wakil Walikota Maurits Mantiri didampingi Kepala BPBD Frangky Lady, Kadis Pendidikan Julius Ondang, Kadis Lingkungan Hidup Jeffry Sondakh, anggota DPRD Kota Bitung Tonny Yunus, Camat Maesa meninjau kembali lokasi kejadian kebakaran.

Mantiri langsung berdialog bersama sejumlah pemilik kios yang ikut terbakar. Bahkan Mantiri menjamin bagi warga korban yang memiliki anak sekolah. “Khusus untuk warga korban kebakaran yang punya anak sekolah, silahkan dilaporkan ke Dinas Pendidikan, nanti akan dicarikan solusi untuk penanganannya,” kata Mantiri.

Dilokasi kejadian telah disiapkan Posko bantuan dari Pemkot Bitung dan sebelumnya Kepala BPBD telah menunjuk sebuah masjid sebagai tempat pengungsian sementara para korban kebakaran.

Salah satu kios yang diduga tempat dari api berasal, tampak telah di Police line oleh Polres Bitung, (foto.bjl)

Sementara ini Polres Bitung masih menyelidiki penyebab kebakaran, kios yang diduga dari api berasal sudah di police line. ” Masih kami selidiki yach, mohon tunggu hasil resminya,” ujar Kasat Reskrim Polres Bitung AKP Nugroho, kemarin. (Billy J.L)

About Redaksi 2

Check Also

Wagub Steven Kandouw Buka Pemilihan Nyong Noni Sulut 2021

Manado – Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Steven Kandouw Membuka Pelaksanaan Karantina Pemilihan Nyong Noni …