web analytics

Paus Orcha Terlihat di Gorontalo, Nelayan Sempat Mengeluarkannya dari Jaring

Paus Pembunuh (Orca)

Sulutlink.com – Gorontalo, Paus pembunuh atau orca memang sangat jarang ditemui diperairan laut Indonesia, sebab habitat ikan ini dikenal hidup diperairan dingin. Kali ini ikan tersebut ditemukan para nelayan di teluk Tomini di sekitar perairan selatan Provinsi Gorontalo, pada November 2016 lalu.

Ansar Rahman (39) pemilik kapal warga Desa Inengo Kecamatan Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango, menceritakan awal mulanya paus pembunuh itu terjerat jaring mereka saat hendak menangkap ikan di teluk Tomini sekitar perairan selatan Provinsi Gorontalo.

“ Ikan paus ini secara tak sengaja terjaring pada 20 November 2016 lalu, karna bukan tujuan kami untuk ditangkap, jika ketemu yang demikian ini kami langsung menyelamatkan,” katanya, Rabu (22/2/2017), dikutip dari kompas.com.

Ansar menjelaskan paus Orca ini memiliki panjang 14 meter dan kemudian dibebaskan oleh anak buah Ansar Rahman. Mereka dengan sekuat tenaga berupaya mengeluarkan ikan ini dari jaring, dengan rela melepaskan 2 ton ikan hasil tangkapan demi menyelamatkan paus pembunuh, yang tenga tersangkut jaring itu.

Keputusan ini diambil karena para nelayan ini memilih menyelamatkan satwa yang dianggap “aneh” tersebut, sehingga dengan cara harus merobek jaring hingga 12 depa untuk mengeluarkan mamalia raksasa ini dari sangkutan jaring, karena mereka pun beranggapan ikan ini bukan yang dicari untuk menafkahi keluarga mereka.

Dua orang ABK, Santo dan Ka Asi menceburkan diri untuk mengeluarkan orca ini dari jeratan jaring dengan merobek, akibatnya 2 ton ikan berbagai jenis yang sudah tertangkap pun ikut terlepas. Mereka memilih tidak mendapatkan ikan konsumsi demi menyelamatkan paus pembunuh ini.

“Perasaan kami saat itu adalah menyelamatkan paus ini, kami tetap waspada dan mengorbankan sekitar 2 ton hasil tangkapan kami, yang sudah didapatkan dalam jaring itu,” ungkap Santo.

Peristiwa ini sempat diabadikan oleh kamera ponsel dan hasil videonya diupload melalui akun Un Visible di youtube.com. Berikut videonya dan dapat disaksikan para nelayan sedang menyelamatkan Paus orcha ini. (red.)

 

About Redaksi 2

Check Also

TERIMA KUNJUNGAN KACAB BRI-MANAGER TELKOMSEL, BUPATI RORING MINTA LAYANAN PRIMA UNTUK RAKYAT MINAHASA

Sulutlink – Bupati Minahasa, Dr. Ir. Royke Octavian Roring, M.Si menerima kunjungan Kacab BRI Tondano, …