web analytics

PDRIS Minut Terbentuk, Ini Programnya

Minahasa Utara, Sulutlink.com – Bertepatan dengan Hari Parlemen Internasional, tanggal 30 Juni 2021 telah terbentuk dan disahkan Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrasi Rakyat Indonesia Sejahtera Minahasa Utara.

Acara pelantikan DPC PDRIS Minahasa Utara dipimpin langsung oleh Ketua DPW PDRIS Sulut Reggynald Krones, ST dan Sekretaris DPW Sulut Sammy Pontoluli, SE. Acara pelantikan yang diadakan di Talaga 7 Resto, Tetey, Minahasa Utara selain dihadiri oleh Pengurus DPW Sulut dan juga dari DPC Tomohon, dihadiri pula oleh beberapa pimpinan Ormas di antaranya Ketua Himtani Sulut Grace Taliwongso SE, Ketua Manguni Lovers Banua Minut Herche Mekel,  Ketua Himtani Minut Cornelius Rumbayan SE, Ketua Gercin & RSI  Minut Donny Robot, SE, dan Bendahara RSI Sulut Corry Salindeho SE.

Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara, mewakili Kaban Kesbangpol Minahasa Utara, Begin Sondakh S Ked. Ketika menyampaikan sambutan, mengingatkan pengurus yang baru terbentuk untuk segera mengurus kelengkapan dokumen di Kesbangpol Minahasa Utara, di antaranya AD ART Partai, SKT DPW Provinsi, SK Kepengurusan dan lain sebagainya.

Menjadi Program Utama PDRIS DPC Minut adalah :

  1. Mengembangkan perekonomian warga masyarakat melalui program kewirausahaan dan peningkatan produk-produk UMKM.
  2. Meningkatkan kualitas dan kompetensi sumber daya manusia melalui program pendidikan dan pelatihan serta menjangkau warga masyarakat yang kurang mampu dalam bidang pendidikan sehingga mereka memiliki kesempatan mengenyam pendidikan lebih baik.
  3. Meningkatkan kepedulian sosial dan kemanusiaan melalui program-program bantuan bencana dan bantuan kepada warga kurang mampu.
  4. Meningkatkan kualitas dan kapasitas kesehatan melalui program promotif, preventif dan pengobatan masyarakat.
  5. Meningkatkan kesadaran dan pemahaman hukum melalui program sosialisasi, advokasi dan pendampingan hukum kepada masyarakat awam.
  6. Meningkatkan pendidikan politik yang benar bagi warga masyarakat untuk menjamin lahirnya pemerintahan yang bersih dan berpihak pada masyarakat.
  7. Mendukung program pemerintah dalam bidang pertanian, perikanan, peternakan, sosial budaya dan pariwisata.

Menurut Ketua DPC Minut Herschel Najoan, apa yang akan dilakukan sebagian besar tinggal melanjutkan apa yang sejak lama sudah dilakukan. Menurutnya sejak lama beliau adalah aktifis pada berbagai kegiatan sosial kemanusiaan, di antaranya ketika bencana Merapi yang menewaskan legendaris mbah Marijan pada tahun 2010, H+1 beliau dan teman-teman aktifis yang lain sudah ada di lokasi gunung meletus yang disertai awan panas itu, mengevakuasi warga dan juga mendirikan posko bantuan yang menampung dan memberikan makan para pengungsi gunung merapi selama sekitar 2 bulan. Begitu pula banjir Jakarta yang hampir setiap tahun terjadi, beliau dan rekan-rekan selalu turun untuk memberikan bantuan.

Setelah kembali ke Sulawesi Utara, aktifitas sosial kemanusiaan terus dilanjutkan bersama dengan sekretaris DPC dan tim, mulai dengan banjir Manado yang berulang kali terjadi, banjir Bitung, banjir di Airmadidi, banjir dan tanah longsor di Sangihe, gempa bumi di Sulawesi Tengah beliau dan tim ikut terlibat membantu warga yang tertimpa bencana begitu pula beberapa musibah kebakaran.

Sebelum pandemi Covid 19 merajalela, sebagian pengurus DPC Minut juga setiap minggu melakukan pelayanan dari kamar ke kamar di rumah sakit Walanda Maramis dan rumah sakit Hermana Lembean, memberikan penghiburan, siraman rohani dan doa bagi para pasien tanpa mengenal dari agama mana. Tidak sedikit pasien beragama muslim yang mau menerima pelayanan yang mereka lakukan meskipun pelayanan dari yang beragama Nasrani.

Setelah memasuki masa pandemi, pelayanan rumah sakit dihentikan namun kemudian bantuan beralih dengan memberikan sembako kepada masyarakat, di antaranya kepada mahasiswa luar daerah yang terjebak di Minahasa Utara di mana mereka tidak bisa pulang dan tidak menerima kiriman dana dari kampung halaman. Secara rutin selama beberapa bulan bantuan sembako disalurkan termasuk kepada keluarga-keluarga kurang mampu di mana beberapa di antaranya adalah lansia yang kondisi ekonominya sangat sulit.Salah satu keluarga lansia yang hingga saat ini masih terus di support, salah satu lansia selamat dari kelaparan sementara anaknya yang satu lagi yang juga sudah termasuk lansia akhirnya tidak bisa diselamatkan setelah ditemukan warga keduanya terkapar di lantai dan diperkirakan dua hari tidak makan. Ketua dan sekretaris DPC PDRIS Minut juga menginisiasi bedah rumah, di antaranya di desa Warukapas yang tidak lama lagi akan selesai.

Selain di bidang sosial, sejak tahun 2014 mulai dengan program pendidikan dan pelatihan. Bersama dengan Yayasan Pelita Klabat Indonesia menjalankan program sekolah tanpa biaya, bahkan siswa menerima bantuan seperti seragam sekolah dan juga bantuan modal usaha untuk menjalankan program wirausaha di SMA Pelita. Yayasan ini juga melalui beberapa Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat membantu warga putus sekolah melanjutkan pendidikan melalui program Paket A (Setara SD), paket B (Setara SMP) dan Paket C (Setara SMA). Ribuan warga belajar telah mengecap pendidikan di lembaga ini yang pada masa pandemi mengikuti pembelajaran secara online secara rutin.

Di bidang pariwisata dan UMKM, di antaranya telah mendirikan rumah UMKM yang menampung UMKM dengan Rumah UMKM yang saat ini terdiri dari 14 UMKM dan lahirnya Sovenir Shop Pantai Surawaya di Wineru Likupang Timur. Selain kursus computer gratis untuk warga Likupang Timur, baru-baru ini pula telah dibuat kursus bahasa inggris pariwisata gratis di Likupang Timur. Sementara itu ada pula Sekolah Pariwisata & Perhotelan setara diploma 1 (setahun) yang didahului dengan pelatihan gratis Perhotelan dengan program satu bulan penuh.

Seperti yang disampaikan ketua DPC Minut pada saat pelantikan, kesejahteraan warga Negara sangat ditentukan oleh tingkat pendidikan. Semakin tinggi tingkat pendidikan suatu Negara maka tingkat kesehatan dan kesejahteraan pasti meningkat. Untuk itu program peningkatan pendidikan dan kepedulian sosial sangat diperlukan untuk menjamin kesejahteraan warga masyarakat akan meningkat. Itulah yang dilakukan dan akan terus dilakukan PDRIS Minahasa Utara.

Adapun susunan pengurus Partai Demokrasi Rakyat Indonesia Sejahtera Kabupaten Minahasa Utara adalah sebagai berikut :

Ketua                                      :  Herschel B. Najoan SE, M.Pd.

Wakil Ketua                            :  Stenly Pratasik S.Ag.

Sekretaris                                :  Ristovella Alexandrina Kere MM, M.Pd.

Waki. Sekretaris                      :  Yuliana Ningsih Koreludji S.Pd.

Bendahara                               :  Ika Silvi Verawati S.Pd.

Wakil Bendahara                    :  Jane Grace Paendong S.Pd.

Ketua-Ketua Bidang :

  1. Ketua Bidang Kehormatan Partai : Yuvensius Setio Kurniawan S.Pd.
  2. Ketua Bidang Pemenangan Pemilu : Yossi Najoan S.Kom
  3. Ketua Bidang Ideologi dan Kaderisasi : Michael Losung
  4. Ketua Bidang Keanggotaan dan Organisasi : Meyti Mangundap S.Pd.
  5. Ketua Bidang Politik dan Pemerintahan : Kezia Rohani Amd.
  6. Ketua Bidang Kesehatan : Jelita Najoan S.Kep.

About Redaksi 2

Check Also

Tiga Tahun Kepemimpinan James Sumendap – Jocke Legi Terus Bawa Perubahan dan Prestasi

Minahasa Tenggara. Sulutlink – Tiga Tahun Kepemimpinan James Sumendap – Jocke Legi (JS-Oke) di Kabupaten …