web analytics

Pdt. Alex Rantung, Mantan Ketua Advent Indonesia Timur Berkhotbah di New Jersey

Mantan Ketua Gereja Advent Uni Konferens Indonesia Kawasan Timur (UKIKT) Pdt. Alex Rantung dan Ibu mengunjungi First Indonesian Seventh-Day Adventist Church (FISDAC), New Jersey.  Selain menjadi guest speaker dalam acara khotbah pada Sabat (19/3), juga pada petang hari dalam acara Adventist Youth (AY) bersama sang isteri tercinta Netty Rantung mengadakan seminar Rumah Tangga.  Pdt. Alex Rantung yang sudah full pension dan kini bermukim di South Carolina, USA.  Kebetulan anak mereka perempuan menikah dengan warga USA bertugas di negara bagian yang sama.  Mantan pucuk pimpinan Advent antara lain di GMAHK Konferens Jakarta & Sekitarnya dan Southern Asia-Pacific Division (SSD) memilih judul khotbahnya “Israel in the Bible Prophecy.”Dalam khotbahnya, Pdt. Rantung mengatakan bahwa  Israel yang dimaksud baik dalam Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru bukan Yakub,sekalipun namanya diganti dari Yakub (Penipu) menjadi Israel (Pemenang), namun merujuk pada Yesus yang dalam Alkitab dikenal/disebut “Bintang Timur” (Morning Star) adalah the real Israel.

 

pdt alex rantungSebelumnya beliau yang pernah dianugerahkan gelar doctor dari salah satu institusi pendidikan di USA telah mempersatukan Pelajaran Sekolah Sabat yang bertajuk “The Church Militant” yaitu membahas tentang tujuh jemaat dalam kitab Wahyu.  Dalam acara Pelayanan Perorangan beliau menyaksikan selain di negara bagian South Carolina sedang mengadakan Kebaktian Kebangunan Rohani (KKR), juga membagikan pengalaman keluarga beliau waktu bertugas di ladang, bagaimana keluarga ini memenangkan jiwa satu keluarga yaitu seisi rumah tetangganya melalui ‘friendship’ (persahabatan).  Children’s Homily dibawakan oleh Belva Wantah dan ministry in music oleh FISDAC AY Choir, juga FISDAC Male Quartet (Steven Rantung, Harold Tombeng, Melcky Sualang, Maxi Wuisan).

 

Seusai makan bersama Pdt. Alex Rantung dan sang isteri Netty Rantung yang belum lama merayakan 50th Wedding Anniversary di Indonesia, memberikan resep/rahasia dengan topik “Membuat Pernikahan Langgeng” dalam seminar Rumah Tangga pada petang hari.  Menurut mereka ada empat hal yang mereka rasa penting agar membuat keluarga itu, selain tetap langgeng dan juga bahagia ialah: 1) Utamakan Yesus/Allah/Tuhan dalam Rumah Tangga (Matius 6:33; Mazmur 127:1), 2) Menunjukkan perhatian cinta kasih/kasih sayang pada pasangan (Yohanes 13: 34-35; 1 Yohanes 4:11), 3) Saling mengasihi dan menghargai/menghormati (Efesus 5:33), 4) Jangan cepat tersinggung karena hal-hal kecil/sepele/remeh.

 

Acara seminar yang dipandu oleh Elder Johanes Tilaar dan dihiasi dengan lagu pujian solo dari Melinda Walanda cukup menarik hadirin.  Antara lain Pdt. Alex Rantung dan Ibu membahas tentang kebutuhan sang suami dan sang isteri, komunikasi, mengatasi konflik, definisi kasih serta Christian parenting.  Yang menarik bagi para orang tua yaitu mengenal empat gaya/model yang dianut: 1) Authoritative, 2) Authoritarian, 3) Permissive, 4) Uninvolved. (Jufrie Wantah)

About Echel

Check Also

Tuuk: Dana DAK di Dikda Sulut Sarat Pilih Kasih, Kadis Punuh Diminta Bertanggung Jawab

Manado, Sulutlink.com – Jems Tuuk mengatakan, Pengelolaan Dana Alokasi Khusus (DAK) di Dinas Pendidikan Provinsi …