web analytics

Pelaku Penipuan 80 Ribu Dollar AS milik Pengusaha Money Charger Mando, Akhirnya Tertangkaap

Tersangka RY berhasil ditangkap POLDA Sulut, atas penipuan 80 Ribu Dollar AS Milik Pengusaha Money Changer Manado, Selsa (7/2/2017). (Foto. Nielton Durado/TM)

Sulutlink.com – Manado, Kepolisian Daerah Sulawesi Utara (Sulut) akhirnya berhasil menangkap RY tersangka dalam kasus penipuan yang dilakukannya pada 19 Janauari 2017lalu,  terhadap salah satu money changer di Manado PT Sentralindo Valuta, tersangka mengelabui korban dengan modus mengaku sebagai Kepala Cabang BRI Manado dengan hasil penipuan sebesar 80 Ribu Dollar AS.

Sebelumnya : Heboh !!! 80 Ribu Dollar AS Milik Pengusaha Money Changer Manado Dibawa Kabur

Pada saat jumpaa Pers, Selasa (7/2/2017), Kapolda Sulawesi Utara Irjen Pol Bambang Waskito mengatakan ” tersangka telah kami amankan dan ditangkap di sebuah hotel di Jakarta Selatan oleh tim Reskrimum tanggal 25 Januari 2017 beserta barang bukti uang USD 10.000, 700 juta, satu buah tas ransel merek Burberry, dua buah tas merek LV, satu koper merek Tumi dan 1 unit mobil Xenia,” ungkap Waskito di Mapolda Sulut.

Tersangka RY melalui pengakuannya melakukan pelarian ke Jakarta, melalui Provinsi Gorontalo.

“Karena Seluruh akses udara dan laut sudah ditutup dan fotonya telah disebarkan. Akan tetapi tersangka menuju Gorontalo naik Taxi ,” jelas Waksito.

Waskito menjelaskan, tersangka berhasil mengalabui korban dengan modus mengaku sebagai kepala cabang BRI  Manado. Lanjutnya dia sudah menunggu korban di lantai dua. Tersangka beralasan ingin mengecek keaslian uang kemudian  lari melalui tangga darurat.

“Ini menjadi catatan penting untuk Bank. Bahwa pengamanan terus diperketat apalagi ruangan yang tersangka masuk adalah proritas,” ucap Kapolda

RY mengaku perbuataan ini dilakukan baru pertama kali dan kejahatan yang dia lakukan hanya untuk membayar hutang. Sementara itu uang hasil penipuan sudah dipakai sekitar 300 juta.

“Saya punya hutang kepada orang sekitar 1 Miliyar. Rumah dan barang lain telah terjual, akan tetapi tidak cukup untuk menutupinya,” ujar RY dengan muka tertunduk.

Tersangka menambahkan, ia tinggal di Hotel di Jakarta Selatan selama tiga hari, lalu tertangkap. Awal bertemu korban dapat informasi dari Browsing internet  semisal alamat dan nomor telepon selular korban serta lokasi BRI Manado.

“Saya tiba di Manado tanggal 15 Januari, lalu menyewa sopir untuk menghantar ke BRI. Kemudian melancarkan aksinya dan ternyata berhasil,” jelas RY.

Menurut Kapolda Sulut Waskito, atas kejahatannya tersangka RY akan dijerat pasal 378 Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP) tentang penipuan. (bjl)

About Redaksi 2

Check Also

Ketua KONI Sulut Singgung Millennium Sport Underwater Saat Lantik Pengurus KONI Bitung 2021-2025

Wakil Gubernur Sulut Steven O.E Kandouw selaku Ketua Umum KONI Sulawesi Utara melantik ketua dan …